5 Apr 2011

Bayi Sering BAB, Pasti Diare?

Jangan langsung kuatir jika bayi Anda buang air besar (BAB) sekitar 7 kali sehari. Bukan otomatis berarti diare, karena jika diberi ASI eksklusif, akan lebih mudah dicerna sesuai pertumbuhan bayi

Bisa jadi pola BAB yang sering tersebut memang normal untuk bayi Anda. Sebaliknya, jika diberi susu formula, BAB-nya akan lebih jarang karena lebih susu formula lebih susah dicerna ketimbang ASI.

Dibanding bayi yang memperoleh ASI eksklusif, pemberian susu formula cenderung memudahkan diare menyerang. Penyebabnya bisa beragam, mulai proses pengolahan susu formula yang kurang higienis hingga bayi yang sensifit terhadap kandungan susu sapi. Protein yang terdapat pada susu formula tidak jarang memicu alergi.
Jika bayi tiba-tiba pola BAB-nya berubah tidak seperti biasa, mungkin ada yang tidak beres dengan kesehatannya. Perhatikan, jika bayi juga demam, lemas, pucat atau disertai gejala muntah, jangan tunda segera bawa ke dokter. Pertolongan pertama yang paling mudah tentunya dengan memberinya ASI pada buah hati Anda.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/kerap.bab.belum.tentu.diare/001/001/912/30/1

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template