23 Feb 2011

Duduk di Pangkuan atau di Car Seat ya?

0 komentar

Memangku atau menggendong bayi di dalam mobil sebenarnya kurang aman. Ketika terjadi benturan, hentakan yang keras dari mobil dapat membuat tubuhnya terhimpit tubuh orang dewasa atau justru ia terlempar ke arah depan.

Karena itu, dudukkan ia di kursi khusus buat anak yang biasa disebut car seat untuk memastikan ia aman dan nyaman.Khusus untuk bayi usia 0-1 tahun, tersedia car seat dengan parameter berat badan bayi maksimal 10 kg.
Saat memilih car seat ada hal-hal tertentu yang sebaiknya diperhatikan :

* Car seat ada beberapa jenis, yaitu: portable yaitu car seat yang dapat dibawa ke mana-mana tanpa harus memindahkan bayi, memiliki jinjingan di atasnya, bentuknya mirip keranjang dengan kanopi di atasnya.
* Car seat sebaiknya diletakkan di jok belakang karena hampir semua mobil modern memiliki sistem air bag di dashboard yang justru dapat mencederai bayi jika terjadi kecelakaan (antara lain menutup jalan nafasnya).
* Pastikan jok belakang memiliki seat bealt untuk mengikat car seat.
* Baca dengan teliti instruksi penggunaan car seat dan simpan instruksi tersebut di dalam mobil.
* Jangan pernah membeli car seat bekas karena bisa saja salah satu bagiannya sudah tak berfungsi yang justru dapat membahayakannya.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Travelling/letakkan.car.seat.di.jok.belakang/001/002/55/1/2
Selengkapnya...

TIPS MEMBUAT SUSU FORMULA UNTUK BAYI

0 komentar

Higienis adalah syarat mutlak untuk peralatan maupun orang yang akan menyiapkan susu untuk bayi.

Peralatan:
* Cuci bersih peralatan minum bayi menggunakan sikat dan sabun.
* Sterilkan semua peralatan yang akan digunakan. Jika mengggunakan teknik perebusan, cangkir atau botol harus terendam dengan baik dan tidka ada udara di dalamnya. Biarkan dalam keadaan mendidih selama minimal 5 menit. Tutup panci dengan peralatan steril di dalamnya sampai dipakai. Bila tidak segera dipakai, angkat, pasang dot dan tutup botol, simpan di tempat bersih dan kering.
* Masak air yang digunakan sebagai pelarut susu formula, termasuk air dalam kemasan, sampai mendidih, lalu biarkan selama 3 menit sebelum api dimatikan. Diamkan selama 10-15 menit dalam wadah tertutup, agar suhunya turun sampai sekitar 70 derajat C. air pun siap digunakan.

Penyiapan:
* Bersihkan meja persiapan.
* Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,keringkan.
* Tuangkan air ke cangkir atau botol sebanyak yang dapt dihabiskan bayi.
* Tambahkan bubuk susu dengan takaran sesuai, lalu tutup dan kocok sampai larut dengan baik. Sebelumnya, perhatikan apakah susu bubuk masih baik. Tanda susu yang tidak baik adalah bau berubah (tengik), warna berubah (tidak kuning cerah) atau terdapat gumpalan.
* Dinginkan dengan merendam botol susu di air bersih dingin atau air mengalir. Cek dengan meneteskan susu ke pergelangan tangan. Jika sudah hangat atau tidak panas, susu siap diminumkan.
* Susu formula yang telah dilarutkan harus segera diminum dan dihabiskan untuk menghindari kemungkinan pencemaran. Bila susu yang telah dilarutkan tidak segera diminum, maka taruhlah di lemari es dan dipanaskan kembali dengan merendamnya dalam air panas sebelum diminumkan. Baik di lemari es maupun di suhu ruangan, susu yang telah dilarutkan sebaiknya diminum sebelum 2 jam.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/tips.menyiapkan.dan.membuat.susu.formula/001/005/226/1
Selengkapnya...

Anak Bayi Menderita Jantung Bawaan? Bagaimana Mengatasi nya?

0 komentar

Tak semua anak dengan Penyakit Jantung Bawaan harus dioperasi

Penyakit jantung bawaan (PJB) terjadi akibat gangguan perkembangan struktur jantung pada masa awal perkembangan janin. Menurut RS Jantung Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, jumlah penderita penyakit ini di Indonesia sekitar 10 dari 1.000 kelahiran.

Tak selalu biru. Belum diketahui pasti kenapa PJB bisa terjadi. Namun diduga akibat polusi, virus, rokok, Rubella, dan obat-obatan. Selain itu, kalau di dalam keluarga ada yang melahirkan anak dengan PJB, maka kemungkinan mempunyai anak dengan PJB akan lebih besar lagi. Anak-anak dengan Sindroma Down juga banyak yang disertai PJB.

Ada dua jenis PJB, yakni yang bergejala biru dan tidak biru. Untuk yang biru, gejalanya malah dideteksi yakni ujung-ujung kuku, bibir dan lidah berwarna biru, serta hemoglobin (Hb, pigmen berwarna merah yang terdapat pada sel darah merah) rendah. Selain itu, bayi juga sulit menyusu sehingga menjadi rewel.

Sedangkan pada PJB yang tidak biru, gejalanya tidak langsung terlihat, karena tidak ada gejala khas. Jenis ini bisa diketahui saat anak kontrol ke dokter dan diperiksa detak jantungya. Bila terdengar suara detak jantung tidak normal, maka anak akan dirujuk ke dokter jantung untuk melakukan serangkaian pemeriksaan.

Cermati juga bila anak batuk pilek atau demam yang tak kunjung henti, mudah tertular penyakit serta berat badan yang tak naik-naik karena kerap sakit. “Semua ini bisa jadi gejala PJB

Tak harus operasi. Jangan panik manakala dokter “memvonis” buah hati Anda mengalami PJB. Segera bawa anak ke dokter jantung anak untuk menjalani beberapa pemeriksaan, seperti foto rontgent dan EKG (echocardiography). Selanjutnya dokter akan membuat rencana terapinya.

Bila harus menunggu waktu penanganan, perlakukan anak sepertri anak yang sehat Kecuali kalau anak harus mendapat operasi kecil, misalnya dijahit. “Katakan pada dokter yang akan melakukan tindakan tersebut bawh bahwa dia menderita PJB. Dengan demikian, anak anak diberi antibiotik yang memadai agar tidak terjadi infeksi di dalam jantung.

Kebanyakan kasus PJB memang harus diatasi dengan operasi. Namun sekarang penanganan pasca operasi. Caranya dengan memasukkan kateter dari lipatan paha sampai jantung. Di jantung akan diletakkan alat seperti payung atau per untuk menutup lubang di serambi. Bagi anak-anak, penanganan non operasi jelas lebih menguntungkan. Masa penyembuhannya lebih singkat dan tidak ada luka operasi. Namun penanganan dengan cara non operasi ini tidak sebanyak yang operasi.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/menangani.anak.dengan.penyakit.jantung.bawaan/001/001/485/15/1
Selengkapnya...

BILA BAYI ANDA TIDAK MENYUSUI?

0 komentar

Rasa bersalah muncul dikarenakan suatu sebab, Anda tidak menyusui bayi Anda. Karena Anda sadar, dengan hanya minum susu formula, bayi tidak akan mendapat nutrisi optimal dan sesempurna ASI.

Rasa bersalah semakin menggila bila seiring pertumbuhannya, bayi ternyata sering sakit, mengidap alergi, dan lain-lain, karena di lubuk hati Anda, terbersit keyakinan bahwa pemberian ASI sebenarnya bisa mencegah itu semua dan membuat bayi lebih sehat.

Mengatasi rasa bersalah:
* Kenyataan ini mungkin bisa membantu: meski alamiah, proses menyusui memang tidak mudah. Tidak bisa dipungkiri, banyak ibu yang "gugur" sebelum memulai atau menuntaskan tugas menyusui ekslusif. Pakar laktasi menyebutnya sebagai akibat dari ketidaktahuan atau ketidakpahaman ibu dan lingkungannya mengenai manfaat ASI dan tata laksana pemberian ASI yang benar.
* Jika usia bayi masih muda, Anda masih bisa melakukan relaktasi (menyusui kembali). Hubungi klinik laktasi di kota Anda.
* Jika atas indikasi medis, menurut dokter Anda tidak bisa atau tidak boleh menyusui, maka terimalah dengan lapang dada. Usahakan mendapat donor ASI agar bayi sempat minum ASI meski tidak eksklusif.
* Bayi masih memiliki peluang untuk tumbuh sehat dan bahagia meski tidak mendapat ASI. Konsultasikan ke dokter makanan/minuman non-ASI yang tepat. Berikan seperti saat memberi ASI, sambil memeluk, membelai dan menatap bayi, agar tercipta bonding yang erat.
* Stop menyalahkan diri sendiri, karena tidak produktif. Curahkan perhatian pada hal-hal yang lebih penting.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/menyesal.karena.tidak.menyusui/001/007/932/3
Selengkapnya...

JIKA HARUS CAESAR, KENAPA TIDAK? JANGAN MERASA BERSALAH!

0 komentar

Pasca melahirkan secara caesar, rasa bersalah bisa saja timbul karena Anda termakan mitos yaitu hanya ibu yang melahirkan secara alamiah yang berhak menyandang predikat ibu sejati. Karena perjuangannya lebih besar dibanding bersalin secara Caesar.

Keyakinan pada mitos itu, diperkuat dengan adanya isu bahwa bayi-bayi yang dilahirkan secara alamiah, memiliki bonding lebih kuat dengan ibu. Bayi yang dilahirkan per vagina juga memiliki daya tahan tubuh lebih baik, sebab saat melewati jalan lahir, ia terkontaminasi bakteri baik, yang akan menjaga keseimbangan flora di ususnya. Usir rasa bersalah itu dengan:

* Camkan ini: predikat ibu sejati tidak ditentukan lewat cara bersalin, namun merupakan hak prerogatif semua ibu yang hamil dan melahirkan bayinya dengan selamat ke dunia.
* Jika persalinan per vagina tidak dapat dilakukan berdasarkan indikasi medis, maka operasi Caesar adalah pilihan yang tepat, bijak dan aman.
* Bonding antara ibu dan anak tidak ditentukan lewat cara persalinan, namun merupakan hasil dari proses mendekatkan diri satu sama lain.
* Point yang menyebutkan, bayi yang lahir secara alamiah memiliki daya tahan tubuh lebih baik, ada benarnya. Namun bukan berarti tidak ada harapan untuk Si Bayi Caesar. Anda dapat membangun imunitasnya melalui pemberian ASI Eksklusif dan imunisasi lengkap serta tepat waktu.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kelahiran/Psikologi/tak.usah.merasa.bersalah.jika.caesar/001/007/930/1
Selengkapnya...

22 Feb 2011

Tips Pintar Menyimpan ASI Perah

0 komentar

Memerah dan menyimpan ASI memang menjadi solusi tepat untuk ibu bekerja yang ingin tetap memberikan ASI untuk bayinya. Yuk, kita cari tahu bagaimana cara yang tepat menyimpan ASI yang telah Anda perah agar tetap baik diminum bayi.

* Wadah untuk menampung ASI sebaiknya terbuat dari bahan yang mudah disterilkan, seperti botol bertutup rapat yang terbuat dari plastik atau gelas yang tahan panas.
* Sebaiknya gunakan wadah yang volumenya sesuai dengan kebutuhan bayi untuk sekali minum, misalnya 125 ml.
* Bila ASI tidak diberikan langsung, pastikan penampungan dan penyimpanannya telah steril dan tidak terkontaminasi.
* Bila ASI perah akan diberikan kurang dari 6 jam, maka tidak perlu di simpan di lemari pendingin. Namun disarankan untuk tidak menyimpan ASI di suhu kamar lebih dari 3 atau 4 jam.
* Bila perlu disimpan selama 24 jam, segera masukkan ASI perah ke dalam lemari pendingin pada suhu 4 derajat celcius (jangan sampai beku).
* Bila ASI perah akan digunakan dalam waktu 1 minggu atau lebih, maka ASI perah tersebut harus segera didinginkan dalam lemari pendingin selama 30 menit, lalu dibekukan pada suhu -18 derajat celcius atau lebih rendah. ASI yang sudah dibekukan dapat disimpan antara 3 – 6 bulan.
* Bila mungkin, simpanlah ASI di lemari pendingin bagian tengah, atau di bagian terdalam freezer, karena lokasi-lokasi tersebut memiliki temperatur yang lebih dingin dan konstan.
* Jangan menyimpan ASI pada rak yang menempel di pintu lemari pendingin karena temperatur di tempat ini mudah berubah ketika pintu dibuka dan ditutup.
* Beri label setiap wadah ASI yang berisi keterangan kapan ASI tersebut diperah.
* Jangan mengisi penuh wadah penampung ASI, karena ASI akan memuai saat membeku. Sisakan kurang lebih ¼ bagian kosong.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyimpan ASI perah:
* Perlu diingat, ASI yang telah dihangatkan tidak boleh didinginkan lagi untuk diberikan pada bayi di waktu minum berikutnya.
* Pembekuan yang lama (lebih dari 6 bulan) dapat mengubah komposisi kimia ASI, seperti terjadi penguraian beberapa senyawa lemak dan hilangnya beberapa senyawa yang berfungsi melawan organisme berbahaya. Risiko kontaminasi juga tinggi, jika tiba-tiba listrik padam sehingga susu cair dan dibekukan kembali.

Namun sebaiknya ASI beku disimpan sebagai cadangan untuk keadaan darurat, ya Bunda. Jika Anda berada di rumah, susui langsung bayi. Tidak susah kan, Bunda? Selamat menyusui!

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kelahiran/Tips/tips.menyimpan.asi.perah/001/005/64/1/2 
Selengkapnya...

Yuk Mencari Nama Bayi

0 komentar

Untuk mencari nama bayi kadang kita mengalami kesulitan untuk mendapatkan nama yang terbaik untuk calon bayi kita terkasih. Oleh karenanya kami menyediakan info tentang website dan buku untuk mencari nama bayi khusus buat anda.

Ada beberapa websites tentang nama bayi yang dapat anda coba untuk membantu anda untuk menambah daftar nama bayi yang akan anda cari.

Disini kita berikan  nama websites yang menurut kami baik karena anda dapat mencoba mencari nama bayi mulai dari mulai abjad, negara, laki/perempuan, arti nama, nama terpopuler, nama celebritis, dan variasi nama lainnya dsb.

Nama website untuk mencari nama bayi :
http://www.babycenter.com/babyname/
http://www.babynames.com
http://www.babynamenetwork.com/baby_names/index.cfm
http://www.namestobe.com
http://pregnancy.about.com/cs/babynames/tp/aa082002a.htm

Untuk buku - buku tentang nama bayi banyak sekali yang dapat kita temukan di toko buku, tapi mau memilih yang mana?
Yang dapat kami sarankan anda dapat mencari
buku nama bayi karangan 'Bruce Lansky'---Bruce Lansky Mengarang beberapa judul buku untuk nama bayi yaitu

35.000+baby names
15.000+baby names
Very Best Baby Name Book

Anda dapat memilih yang cocok untuk anda.
Kiranya informasi ini dapat membantu anda untuk menemukan nama yang terbaik untuk calon bayi anda yang terkasih.

© Dr.Suririnah-www.InfoIbu.com
Sumber:http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=49
Selengkapnya...

Efek Merokok Selama Kehamilan

0 komentar

Tidak diragukan lagi bahwa merokok sangat membahayakan bayi dalam kandungan!

Karbonmonoksida dari rokok akan yang terisap oleh ibu hamil dan akan terbawa ke aliran darah ibu sehingga menyebabkan penerimaan oksigen bayi maupun plasenta (ari-ari) berkurang, yang berarti berkurang juga penerimaan nutrisi untuk bayi anda.

Dan pengaruh buruk selanjutnya, plasenta akan lebih lanjut meperluas didaerah rahim untuk mencari daerah permukaan di rahim untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisinya. Yang mengakibatkan plasenta akan semakin tipis yang berarti meningkatkan kemungkinan terjadinya plasenta letak rendah dan plasenta previa (plasenta terletak di jalan lahir/mulut rahim), komplikasi plasenta lainnya.
80% perokok akan mempunyai kemungkinan menderita keguguran di banding ibu hamil yang tidak merokok. Karena ibu hamil yang merokok akan mempunyai kadar hormone kehamilan yang lebih rendah, padahal hormone kehamilan diperlukan untuk mempertahankan kehamilannya sampai bayi menjadi mature.

Bayi yang lahir dari ibu yang perokok selama kehamilannya biasanya akan lebih kecil atau BBLR (berat badan lahir rendah) dan baisanya disertai dengan berbagai masalah lainnnya termasuk juga masalah paru-paru.

Dan ibu hamil yang tidak merokok sebaiknya menghindari diri juga dari asap rokok (perokok pasif) karena penelitian menyatakan bahwa eksposure yang teratur dari asap rokok dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan juga masalah tingkah laku nantinya.

Bicarakanlah dengan dokter anda bila anda adalah perokok dan tidak dapat menghentikannya selama kehamilan anda ini. Jangan ragu untuk berkonsultasi karena anda bukanlah yang pertama dengan masalah ini. Sehingga dokter anda akan memberi saran-saran untuk menghentikan rokok dan mendukung keputusan anda. Bicarakan juga dengan pasangan anda, dan anda perlu dukungannya juga untuk melakukan semua ini.

© Dr. Suririnah -www.infoibu.com
Sumber:http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=54
Selengkapnya...

21 Feb 2011

BILA MATA BAYI MERAH, APA YANG HARUS DILAKUKAN?

0 komentar

Konjungivitis atau mata merah yang sebenarnya pink eye ini adalah peradangan atau inflamasi pada konjungtiva, yaitu selaput bening atau selaput mukosa tipis yang melapisis atau menutupi bagian warna putih pada mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata.

Konjungivitis dapat menyebar begitu cepat sehingga menyebabkan mata rusak. Jadi, ketika mata bayi menunjukkan gejala-gejala Konjungivitis, tak perlu pikir panjang, segera ke dokter.

Penyebab:
* Virus, umumnya dari jenis Adenovirus.
* Bakteri atau kuman, seperti Staphylococcus dan Streptococcus.
* Jamur, meski sangat jarang kasusnya.
* Alergi pada cuaca atau debu.
* Bahan kimia seperti sabun, kosmetik, atau khlorin.
* Benda asing yang masuk ke mata.

Gejala:
* Bayi sering mengedipkan atau mengucek mata karena tidak nyaman, terasa gatal.
* Mata merah, juga di again dalam kelopak mata.
* Pembengkakan di daerah mata, karena pembesaran pembuluh darah di konjungtiva dan sekitarnya sebagai reaksi nonspesifik peradangan sehingga terjadi pembengkakan.
* Kadang-kadang antara mata dan kelopaknya lengket seperti dilem, terutama pad apagi hari setelah bangun tidur.
* Sering mengerjapkan mata akibat lebih sensitive terhadap cahaya terang.
* Produksi air mata berlebihan atau epifora.

Penularan:
* Bersentuhan langsung dengan penderita atau berada di dekat penderita.
* Menggunaan sesuatu yang telah dipakai oleh penderita seperti handuk dan tisu.
* Cairan dari mulut atau hidung yang berasal dari batuk atau bersin penderita.

Pengobatan. Konjungivitis sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam tempo 10-14 hari. Namun jika diobati, biasanya sudah sembuh hanya dalam waktu sekitar 3 hari.

* Untuk Konjungivitis yang disebabkan oleh bakteri: antibiotika topical atau obat tetes atau salep, seperti Gentamysin 0,3%, Chloramphenicol 0,5%.
* Untuk Konjungivitis karena alergi: obat tets mata antihistamin (antazoline 0,5%, naphazoline 0,05%), kortikosteroid (deksamethason 0,1%) atau kombinasi keduanya.
* Untuk Konjungivitis karena virus: tanpa obat apapun, karena akan sembuh dengan sendirinya.
* Jika memiliki alergi Konjungivitis: diberi obat anti alergi dalam bentuk pil, cairan, atau tetes mata.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/menangani.mata.bayi.merah/001/001/1635/1
Selengkapnya...

CALON IBU YANG KUATIR SELAMA TRIMESTER 1

0 komentar

Pada bulan-bulan awal kehamilan, calon ibu biasanya dibayangi rasa takut kemungkinan keguguran. Perasaan cemas yang berlebihan akan kondisi janinnya juga tak henti menghantui. Apalagi, bila ini kehamilan yang pertama.
Perasaan-perasaan yang timbul selama trimester pertama ini, membuat para ibu hamil, mungkin termasuk Anda, merasa seperti terkucil dari lingkungan. Misalnya, keinginan Anda untuk terus-menerus membicarakan masalah yang berhubungan dengan kehamilan Anda, sering berbeda dengan topik pembicaraan orang-orang lain di sekitar Anda. Jalan keluarnya? Bergabunglah dengan kelompok orang-orang yang terdiri dari para calon ibu. Keinginan Anda untuk bertukar pikiran dan perasaan, niscaya akan terpuaskan.


Seringkali, gejolak emosi yang calon ibu alami dalam trimester ini merupakan suatu “pernyataan” atau keinginannya untuk lebih diperhatikan orang-orang di sekitarnya, terutama suami tercinta. Hal ini wajar. Namun, bila perubahan emosi yang dialami sudah masuk ke tahap depresi, maka ibu hamil yang bersangkutan sebaiknya waspada. Mengapa?

Keadaan stres akan menyebabkan pembuluh darah di rahim mengerut, sehingga aliran darah ke rahim pun berkurang. Kondisi ini bisa menyebabkan aliran darah ibu ke janin berkurang, sehingga janin menerima lebih sedikit oksigen dan nutrisi.

Selain itu, ibu yang stres, atau bahkan depresi, akan meningkatkan hormon stres dan aktivitas otak janin. Akibatnya ketika lahir, si kecil pun menunjukkan gejala depresi (misalnya, hiperaktif atau hipoaktif, temperamental atau tidak memiliki kontrol diri yang baik). Jadi, segeralah mencari pertolongan dokter dan/atau psikolog, bila selama lebih dari 2 minggu Anda merasa sangat tertekan, atau seakan-akan kehilangan semangat menjalani kehamilan.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Psikologi/kehamilan.trimester.i.serba.kuatir/001/007/218/1
Selengkapnya...

Manfaat Menbersihkan Rumah Bagi Wanita Hamil

0 komentar

Jika Anda tak sempat berolahraga, ubah cara pandang Anda. Pekerjaan rumah tangga bukan lagi beban, tapi bisa dimanfaatkan sebagai olahraga. Mengepel, mengelap jendela, dan menyapu adalah kegiatan yang banyak mengandalkan otot-otot tubuh yang diperlukan dalam kehamilan dan persalinan. Rumah bersih, tubuh bunda pun sehat.
MENGEPEL. Menungging atau bersujud, gerakan saat mengepel lantai dapat dilakukan mulai minggu ke-34 ketika janin sudah bersiap-siap turun ke jalan lahir.

* Lakukan gerakan dromedary droop, yaitu menungging dengan posisi kedua kaki ditekuk, tangan dalam posisi tegak lurus, telapak tangan dan lutut menempel di permukaan lantai.
* Kemudian angkat pinggang dan panggul ke arah atas, tundukkan kepala, tahan sampai hitungan ke -8. Kemudian gerakkan kain pel untuk membersihkan lantai.

Menguatkan otot-otot punggung, bokong, panggul, dan membantuposisi janin mendekati jalan lahir. Gerakan ini juga dianjurkan bagikehamilan sungsang agar posisi bayi kembali ke posisi normal. Bukandalam posisi dromedary droop melainkan posisi knee-chest yaknimenungging dalam posisi lutut lebih rendah dari bokong, lutut dantelapak tangan menempel pada permukaan lantai.

MENGELAP JENDELA. Anda akan menggunakan kedua lengan dan kaki, mengandalkan kekuatan otot panggul dan pinggang. Mengelap jendela dilakukan dalam posisi berdiri.

* Lakukan gerakan mengelap dari atas ke bawah, bergantian antara tangan kanan dan kiri agar ada keseimbangan gerak.
* Untuk melatih otot panggul dan pinggang, ambil posisi setengah jongkok, seperti mau duduk. Sementara tangan tetap mengelap jendela.
* Tahan posisi setengah jongkok itu selama 5 detik, kemudian berdiri. Ulangi 5 kali gerakan.
* Kemudian ganti gerakan. Kaki kiri mundur kira-kira 20 cm dalam posisi lurus, kaki kanan menghadap ke depan, tekuk. Sementara Anda tetap membersihkan jendela.
* Tahan kira-kira 20 detik, kemudian lepaskan.
* Ganti. Kaki kanan mundur, kaki kiri yang maju.

Menguatkan otot-otot lengan, paha bagian atas, kaki, dan melenturkan otot-otot pinggang dan panggul. Otot panggul yang lentur akan memudahkan persalinan.

MENYAPU. Menyapu sama dengan kegiatan berjalan kaki dan melatih otot-otot lengan dan tangan. Saat menjangkau kotoran di kolong meja atau lemari, Anda mengandalkan otot-otot lengan. Yaitu saat Anda meluruskan lengan. Sementara itu posisi tubuh berdiri, kemudian setengah membungkuk yang disebut posisi forward bend.
Manfaat:

* Memperkuat otot paru-paru dan jantung.
* Memacu jantung melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, khususnya aliran darah dari pembuluh darah balik (vena) di kaki.
* Meningkatkan stamina, memperkuat otot-otot lengan, tungkai dan pinggang.
* Perhatikan:
* Pastikan tumit menjejak lantai lebih dahulu, lalu gerakkan seluruh bagian kaki agar kaki dapat menapak lebih kuat dan stabil.
* Pilih sapu bertangkai panjang sesuai dengan tinggi badan. Lakukan gerakan menyapu dengan dua tangan.
* Menyapu bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri agar beban pada otot tanan kanan dan kiri menjadi sama.
* Usahakan agar bahu Anda dalam posisi santai.

Menggunakan vacuum cleaner hampir sama dengan menyapu, yakni banyak mengandalkan kaki, tangan dan kekuatan otot batang tubuh saat harus setengah membungkuk. Kenakan masker penutup hidung agar tidak kemasukan debu.

Menyiram tanaman, berkebun dan menyetrika.

Perhatikan! Hentikan kegiatan bila :
• Muncul flek dari vagina.
• Sakit kepala.
• Demam.
• Nyeri di bagian perut.
• Perdarahan.
• Kram.
• Pecah ketuban.
• Merasa lelah.

Meski semua ini kegiatan rumah tangga, sebaiknya tetap konsultasikan dulu pada dokter kandungan sebelum melakukannya.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Gizi+dan+Kesehatan/berolahraga.dengan.membersihkan.rumah/001/001/1417/2
Selengkapnya...

Ingin Hamil? Sudah Tahu Posisi yang Tepat?

0 komentar

Mau Hamil?--Bagaimana posisi seksual terbaik untuk dapat hamil ya?, dan posisi seks yang bagaimana yang harus dihindari ? Mengapa?

Walaupun belum terdapat bukti bahwa posisi seksual tertentu lebih baik dari posisi seks lainnya untuk dapat meningkatkan kemungkinan hamil, karena kehamilan selalu mungkin terjadi selama penis berada dalam vagina sewaktu ejakulasi.
Tetapi bagi anda yang mendambakan kehadiran si kecil, tidak ada salahnya mencoba tips posisi seks yang terbaik untuk dapat hamil. Selain dari posisi seksual, ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk dapat meningkatkan kemungkinan anda untuk dapat hamil. Dan banyak faktor juga yang mempengaruhi kemungkinan untuk dapat hamil.

Yang akan dibahas sekarang adalah apakah posisi seks yang terbaik yang dapat dilakukan untuk pasangan yang menginginkan buah hati atau mau hamil?

Posisi pria diatas adalah yang terbaik untuk mencoba hamil. Letakkan sebuah bantal kecil dibagian panggul anda, sehingga panggul anda beristirahat untuk menampung sejumlah sperma selama 15 menit atau lebih. Dan memudahkan sperma berenang ke dalam rahim.

Jangan menggunakan bantal yang besar akan menyebabkan sperma tergenang dibelakang rahim saja dan sulit untuk berenang untuk meraih sel telur. Sehingga menjadikan usaha anda sia-sia saja.

Sedangkan Posisi seksual yang sebaiknya di HINDARI bila anda ingin hamil adalah posisi wanita di atas, duduk atau berdiri, yang akan menyebabkan sebagian dari sperma keluar dan hanya tersisa sedikit sperma yang mencoba berjalan kearah sel telur.

Posisi seksual hanya salah satu dari banyak hal yang dapat anda coba dalam berusaha untuk mendapatkan si buah hati atau ingin hamil. Semoga berhasil.
:)

© Dr.Suririnah-www.InfoIbu.com
Sumber:http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=46
Selengkapnya...

20 Feb 2011

Bila Bayi Sakit Kuning

0 komentar

Salah satu penyakit bayi baru lahir adalah penyakit kuning atau jaundice. Penyakit kuning ini biasanya membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning. Penyakit kuning bisa diderita bayi yang baru lahir hingga bayi berusia satu bulan.

Sakit kuning pada bayi bisa disebabkan karena meningkatnya zat bilirubin, yakni pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin di hati, dalam darah. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya asupan ASI, gangguan fungsi hati, atau kekurangan enzim G6PD.
Kenali gejala-gejala penyakit kuning pada bayi Anda, seperti:

* Mata dan kulit di seluruh tubuh tampak menguning
* Bayi malas minum

Biasanya jaundice akan hilang dalam waktu dua minggu. Namun ibu perlu waspada bila bayi kuning lebih dari dua minggu.

Jika bayi mengalami sakit kuning, segera atasi dengan:
* Segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.
* Berikan ASI sesering dan sebanyak mungkin.
* Untuk membantu proses pematangan organ hatinya, bawa bayi berjemur 15 menit di pagi hari, antara pukul 07.00 – 09.00.

Tenang bunda, jangan panik dulu jika bayi Anda mengalami gejala-gejala penyakit kuning. Coba atasi dengan langkah-langkah di atas, dan jika tidak kunjung hilang, baru periksakan ke dokter atau rumah sakit.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/bayi.baru.lahir.kuning/001/001/576/18/1
Selengkapnya...

Tips Minum Obat Saat Menyusui

0 komentar

Bingung saat sakit ketika menyusui. Ingin minum obat, tapi bagaimana dengan ASI? Jangan sampai efek dari obat mempengaruhi ASI yang akan diminum bayi Andal.
Walaupun dosis senyawa tertentu dalam obat yang Anda konsumsi hanya 1 persen, tapi tetap saja senyawa itu bisa menjadi bagian dari ASI yang diminum si kecil. Coba, pertimbangkan dulu beberapa hal berikut sebelum Anda minum obat.
* Sebelum memutuskan minum obat, yakinkan betul apakah tubuh Anda benar-benar membutuhkan obat? Siapa tahu ada cara lain yang lebih aman yang bisa digunakan untuk meredakan sakit Anda.
* Tanyakan kepada dokter apakah konsumsi obat masih dapat ditunda hingga masa laktasi berakhir?
* Kalaupun terpaksa minum obat-obatan ringan, pilihlah yang lambat masuk ke dalam ASI.

Namun bila Anda memang tidak bisa menghindar dari konsumsi obat, dan harus dikonsumsi secara rutin, atur jadwal pemberian ASI dengan jadwal minum obat.

* Berikan ASI sebelum Anda minum obat agar ASI tidak tercemar.
* Pompa dan simpan ASI yang layak untuk dikonsumsi sebanyak mungkin sebelum minum obat.
* Minum obat pada malam hari tepat sebelum bayi tidur lama sepanjang malam.
* Bila bayi Anda haus dalam 3 – 6 jam berikutnya, berikan ASI simpanan yang sudah dipompa sebelum Anda minum obat.
* Bila tetap harus menyusui setelah minum obat, pompa dan buang ASI beberapa kali sampai Anda yakin kadar obat di dalamnya sudah jauh berkurang.

Selamat menyusui, Bunda. Semoga lekas sembuh ya!

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kelahiran/Tips/minum.obat.ketika.menyusui/001/005/63/1/1
Selengkapnya...

Bayi lahir dengan Meconium Aspiration Syndrome (MAS)

0 komentar

Bayi lahir dengan Meconium Aspiration Syndrome (MAS) akan mengalami gangguan pernapasan. Perlu tindakan pembersihan saluran pernapasan dan pemberian oksigen secepatnya.

Bayi dengan MAS. Bila begitu lahir bayi mengalami gangguan napas, maka akan dilakukan serangkaian tindakan untuk mengatasi kondisi bayi, diantaranya dengan melakukan pembersihan pada saluran pernapasan dan pemberian oksigen. Pada kondisi yang sangat berat, bayi mungkin perlu alat bantu napas dan pemantauan di dalam NICU. Tak perlu memaksa persalinan normal. Melahirkan secara alami atau normal, memang idaman banyak ibu. Namun, apabila lingkar panggul Anda terlalu kecil sementara ukuran bayi cukup besar, tawaran untuk melahirkan melalui caesar dari dokter kandungan Anda sebaiknya perlu dipertimbangkan. Ini demi keselamatan bayi agar proses persalinan dapat dipastikan berjalan cepat sesuai rencana, dan memperkecil terjadinya persalinan yang lama dan berisiko mengalami komplikasi.

Pada kenyataannya, peralatan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) di sejumlah rumah sakit bersalin di kota-kota besar, belum sepenuhnya mampu menunjang penanganan kasus Meconium Aspiration Syndrome (MAS). Karena itu, bila kehamilan Anda lewat waktu, atau dokter kandungan Anda menyarakan untuk tidak memaksakan diri melahirkan secara alami, melahirkan secara Caesar adalah pilihan bijaksana.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/fakta.bayi.meconium.aspiration.syndrome.mas/001/001/1579/1 
Selengkapnya...

Wanita Hamil Keputihan?

0 komentar

Pada saat hamil akan terjadi peningkatan pengeluaran cairan vagina daripada biasanya yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan.

Bentuk dari cairan vagina, selama kehamilan bewarna bening atau putih susu , encer dan tidak berbau. Ini adalah Normal. Yang terjadi karena perubahan hormon tubuh selama kehamilan. Yang akan meningkat dengan bertambahnya usia kehamilan.

Tips yang dapat dilakukan :
Oleh karena pada kehamilan terjadi peningkatan cairan vagina dan hal ini Normal maka yang terpenting setiap wanita hamil untuk menjaga kebersihan daerah V (vagina/kemaluan) nya dengan baik.

- Bersihkan dan keringkan selalu bagian tersebut.
- Bila celana menjadi lembab/basah ( karena wanita hamil sering buang air kecil) maka gantilah dengan yang bersih dan kering. Jadi gantilah celana lebih sering bila perlu.
- Pakailah celana dalam dari bahan katun, yang lebih mudah menyerap.
Hal ini semua adalah untuk mencegah terjadinya infeksi didaerah Vagina tersebut.

Yang perlu diperhatikan:
Bila anda menemukan bahwa cairan vagina atau keputihan berubah menjadi: bewarna lain, berdarah, keluar dalam jumlah sangat banyak atau berbau atau menimbulkan rasa gatal didaerah Vagina dengan / atau rasa nyeri perut dibagian atas. Maka konsultasikanlah ke dokter anda secepatnya.
Sehingga dokter dapat menilai adanya kemungkinan terjadi infeksi atau lainnya. Dan dapat ditangani sedini mungkin.

© Dr. Suririnah- www.infoibu.com
Sumber:http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=71
Selengkapnya...

17 Feb 2011

AYAHBUNDA PRESCHOOL FAIR 2011

0 komentar

Jangan lewatkan acara besar dunia prasekolah yang akan diselenggarakan oleh Ayahbunda. Ayahbunda Preschool Fair 2011akan digelar tiga hari berturut-turut mulai tanggal 25–27 Februari 2011 di Mal Kelapa Gading. Bertema "MEJIKUHIBINIU... Show Your Colour!" inilah ajang para Ayah dan Bunda 'berburu' prasekolah untuk balita sekaligus mengenalkan keberagaman. Akan ada banyak acara dan kegiatan seru. Jadi, jangan lewatkan ya!

SUSUNAN ACARA
AYAHBUNDA PRESCHOOL FAIR 2011
"MEJIKUHIBINIU…. SHOW YOUR COLOURS!"

JUMAT, 25 FEBRUARI 2011
10.00 – 22.00 PAMERAN SEKOLAH
16.00 – 16.10 DRUM BAND TK.DON BOSCO II
16.10 – 16.20 PARADE ANAK PELANGI
16.20 – 16.40 PEMBUKAAN AYAHBUNDA PRESCHOOL FAIR 2011
16.40 – 16.50 ATRAKSI ANGKLUNG
17.00 – 17.40 INTERAKTIF BERSAMA KAK HENNY
17.40 – 17.50 SLBB TUNARUNGU SANTI RAMA
17.50 – 18.30 INTERAKTIF BERSAMA KAK HENNY
18.30 – 18.40 DOLANAN ANAK SANGGAR DELIMA
18.40 – 19.00 PERKUSI GITA SVARA

SABTU, 26 FEBRUARI 2011
10.00 – 22.00 PAMERAN SEKOLAH
10.30 – 12.00 LOMBA MEWARNAI
13.30 – 13.40 PADUAN SUARA TK BPK PENABUR GADING-SERPONG
13.50 – 14.50 ATRAKSI SEKOLAH : ABATA, SAINT PETER’S,
TUTOR TIME, HIGHSCOPE, HIPY, KINDERLAND
14.50 – 15.00 INTERAKTIF BERSAMA KAK HENNY
15.00 – 15.30 ATRAKSI SEKOLAH : LOLLYPOP, KIDEA,KINDERFIELDS.
15.40 – 16.30 INTERAKTIF BERSAMA KAK HENNY (MKG 5)
17.10 – 17.30 ATRAKSI SEKOLAH : PUTIK, ENOPI
17.30 – 18.15 INTERAKTIF BERSAMA KAK HENNY
18.15 – 18.30 DOLANAN ANAK TK DON BOSCO I
18.40 – 19.00 AKSI GILANG STUDIO DRUMMER

MINGGU, 27 FEBRUARI 2011
10.00 – 22.00 PAMERAN SEKOLAH
11.00 – 12.00 PENGUMUMAN LOMBA MEWARNAI (MKG 5)
15.00 – 15.10 CHEERS LEADER TK DON BOSCO II
15.20 – 15.40 ATRAKSI SEKOLAH : CIKAL, SEVILLA
15.40 – 15.50 TARIAN UNDER THE SEA SANGGAR MARLUPI
15.50 – 16.00 ATRAKSI SEKOLAH : BABY JUMPER GYM
16.30 – 17.10 INTERAKTIF BERSAMA KAK HENNY (MKG 5)
17.20 – 17.35 OPERET SANGGAR GARDENIA
17.35 – 18.10 INTERAKTIF BERSAMA KAK HENNY
18.10 – 18.25 BAND ANAK : FIVE PROJECT
18.25 – 18.40 PENGUMUMAN :
- BOOTH PAMERAN TERBAIK
- PENAMPIL PRA SEKOLAH TERBAIK
PEMBAGIAN KENANG-KENANGAN
18.40 – 19.00 BAND ANAK : FIVE PROJECT FEAT. OPPIE ANDARESTA

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Advertorial/Topik+Umum/ayahbunda.preschool.fair.2011/006/001/39/all/0/1

Selengkapnya...

15 Feb 2011

TV Membuat Anak Anda Lambat Bicara

0 komentar

Agar bayi tidak rewel, orang tua terkadang menyuguhkan acara anak di TV atau dari DVD pada bayinya. Padahal, kondisi ini membuat anak menadi pendengar pasif

Kebiasaan menyodorkan televisi sejak bayi sebagai ‘babysitter’ ditengarai menjadi salah satu faktor penyebab anak mengalami keterlambatan bicara. Televisi membuat anak menjadi pendengar pasif. Bayi mendengarkan orang atau tokoh berbicara di televisi, mestinya ia mendengar dan mengenal kosakata lebih banyak. Benar! Tapi bayi Anda tak paham apa yang dibicarakan oleh tokoh dalam televisi. Bayi akan lebih mudah mengerti apa yang Anda bircarakan, meski belum bisa mengucapkannya. Jika bayi terlalu sering menonton televisi, dia tidak belajar komunikasi dua arah dan mimik wajah, dua hal penting dalam berkomunikasi. Dampingi anak ketika memberikan tontonan DVD anak, jelaskan apa yang dia lihat dan dengar. Selalu ciptakan komunikasi dua arah antara Anda dan dia.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/tv.jadikan.bayi.pendengar.pasif/001/001/1718/58/1
Selengkapnya...

14 Feb 2011

LEMAK YANG BAIK UNTUK BAYI

0 komentar

Lemak adalah 'bahan bakar' bernilai dua kali lipat jenis makanan lain. Jadi, meski sering dituding sebagai penyebab kegemukan, bayi butuh lemak untuk pertumbuhannya, sumber energi, serta pelindung dari rasa dingin.

Selain ASI, bayi 6 bulan bisa memenuhi kebutuhan lemak dari bahan pangan sumber lemak yang sedikit demi sedikit bisa Anda tambahkan ke dalam bubur atau nasi timnya. Berikut ini lemak-lemak yang baik untuk bayi.

#MENTEGA
Jenis lemak:
* Mentega dibuat dari konsentrat susu cair, ditambah bahan lain seperti garam, air dan curd serta vitamin A, D, E, dan K yang tidk larut dalam air. dibanding margarine, rasa mentega lebih gurih dan aromanya lebih tajam.
* Satu sendok makan mentega terdiri dari lemak 12 gram dan lemak jenuh 7,2 gram. Bila terlalu banyak dikonsumsi, kolesterol darah jadi makin tinggi, berikan pada bayi secukupnya.
Cara pemberian: Sebagai olesan roti atau campuran kue.
Kebutuhan: 5 gram per hari.

#MARGARIN
Jenis lemak:
* Dibuat dari minyak jagung, kelapa sawit atau minyak kedelai. Biasanya diberi tambahan susu skim atau bahan kimia yang mirip rasanya dengan mentega dan difortifikasi vitamin A dan D untuk menambah butrisi, termasuk garam, zat pewarna dan zat pengawet (preservatives).
* Satu sendok makan margarine mengandung lemak 12 gram danlemak jenuh 2,1 gram.
Cara pemberian: Oleskan ke roti, atau gunakan untuk menggorang atau menumis.
Kebutuhan: 5 gram per hari.

#SANTAN
Jenis lemak: Baik santan yang diperas dari daging kelapa maupun santan kemasan, semua sangat tinggi kandungan lemak jenuhnya.
Cara pemberian: Sebagai sampuran membuat buburm nasi tim, atau puding.sebaiknya berikan setelah anak berusia 1 tahun ke atas yang system pencernannya sudah jauh lebih kuat. Ada baiknya Anda konsultasikan dulu pad adokter gizi anak sebelum memberikan santan.
Kebutuhan: 15-25 ml per hari.

#MINYAK SAYUR
1. Minyak Wijen
Jenis lemak: Asam lemak omega-6 (asam linoleat).
Cara pemberian: Penambah cita rasa makanan dan kue.
Kebutuhan: 1 sendok the per hari.
2. Minyak zaitun
Jenis lemak: Asam lemak oleat (omega 9)
Cara pemberian: Bisa untuk menumis sayuran atau dicampurkan dalam makanan.
Kebutuhan: 10-15 gram per hari.
3. Minyak Jagung
Jenis lemak: Asam lemak omega-6 (asam linoleat).
Cara pemberian: Sebagai campuran dalam makanan. Minyak jagung sangat tidak tahan terhadap panas tinggi.
Kebutuhan: 15 gram per hari.

#IKAN
Jenis lemak:
* 100 gram ikan kembung mengandung 2,2 gram EPA & DHA
* 100 gram ikan tenggiiri mengandung 2,6 gram EPA dan DHA.
* 100 gram ikan tuna: mengandung 1,6 gram EPA dan DHA.
* 100 gram ikan tongkol: mengandung 1,4 gram EPA dan DHA.
Cara pemberian:
* Bila ada riwayat keluarga yang alergi pada seafood berikan pad abayi di atas setahun.
* Untuk bayi usia 9-12 bulan: daging ikan dihaluskan dan dibuat sup ikan atau dicamur dalam bubur atau nasi tim.
* Untuk bayi usia 12 bulan ke atas: bisa dipanggang, ditim, digoreng, dan dibuat sup.
Kebutuhan: 75 gram per hari.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/lemak.baik.untuk.bayi/001/001/1529/1 

Selengkapnya...

TIPS PINTAR BEKERJA KEMBALI SETELAH CUTI MELAHIRKAN

0 komentar

Cuti melahirkan selesai, ibu harus kembali bekerja. Agar semua berjalan mulus, berikut ini kiatnya.

# Buang jauh-jauh perasaan bersalah. Kembali bekerja setelah cuti melahirkan memang dapat menimbulkan konflik emosional. Bekerja di luar rumah bukan berarti Anda ibu yang buruk, bukan?.
# Dapatkan pengasuh anak yang tepat. Sebulan sebelum kembali bekerja sebaiknya Anda sudah mendapatkan pengasuh anak agar Anda punya waktu meneliti karakter si pengasuh. Namun, jika belum juga dapat, titipkan si kecil pada sosok yang dapat dipercaya seperti ibu kandung, ibu mertua, kakak, adik, ipar.
# Bicara kepada atasan. Katakan bahwa Anda perlu menyelinap 2-3 kali dalam waktu bekerja selama 10-20 menit setiap hari untuk memerah ASI. Syukur-syukur jika tempat Anda bekerja tersedia Nursery Room. Jika tidak, cari ruangan tertutup dan bersih. Tempel di pintu bahwa Anda sedang memerah ASI. Untuk menyesuaikan waktu memerah, Mayo Clinic menyarankan, sekitar 2 minggu sebelum kembali bekerja, ubah waktu menyusui Anda di rumah. Contohnya: memerah ASI 2-3 kali selama siang hari dan menyusui sebelum dan setelah bekerja.
# Atur dengan baik. Buat daftar harian yang harus dilakukan. Di awal-awal kembali ke kantor, pikiran Anda bisa jadi masih melayang pada si kecil dan bingung, mana tugas kantor, mana tugas rumah. Identifikasi apa yang harus dilakukan segera di kantor dan apa yang bisa ditunda.
# Tetap terhubung. Setiap hari telepon ke rumah untuk mengetahui keadaan si kecil guna mengajarkan pengasuh bahwa Anda tetap memantau keadaan bayi yang dititipkan padanya.
# Upayakan ASI lancar. Konon memandang si kecil dengan segenap perasaan Anda akan merangsang hormone oksitosin dan prolaktin untuk memproduksi ASI. Letakkan foto si kecil di meja kerja atau menjadi wall paper di PC Anda. Saat memerah ASI bawalah foto si kecil, ASI akan deras mengalir.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kelahiran/Tips/sukses.bekerja.setelah.cuti.melahirkan/001/005/892/1

Selengkapnya...

WANITA HAMIL, BOLEHKAH MENDAPATKAN TUGAS KE LUAR KOTA?

0 komentar

Performance kerja selama hamil memang tidak seperti saat tidak hamil. Namun, hamil bukan penghalang bagi Anda untuk tetap aktif berkarir dan berprestasi. Bahkan meskipun Anda hamil, bos tetap mempercayakan tugas luar kepada Anda. Agar kehamilan tidak menganggu kinerja Anda saat menjalankan tugas luar, perhatikan hal-hal berikut ini:

* Harus ada “lampu hijau” dari dokter kandungan ANda. Artinya, setelah melalui pemeriksaan, kondisi kehamilan Anda dinyatakan aman.
* Minta pada dokter bekal obat-obatan dan suplemen yang mungkin perlu Anda konsumsi sekalam di perjalanan, untuk menjaga kondisi kehamilan Anda. Misalnya, obat untuk mengatasi kontraksi yang timbul akibatkelelahan.
* Bawa obat-obatan pribadi, misalnya vitamin dan minyak kayu putih.
* Bawa buku riwayat kesehatan kehamilan Anda.
* Hindari produk terlalu lama pada satu posisi yang sama selama dalam perjalanan. Jika Anda naik pesawat, pilih tempat duduk dekat gang agar mudah berjalan-jalan atau ke toilet. Jika naik mobil, cari waktu untuk berhenti dan beristirahat sebentar.
* Pelajari cuaca atau musim serta sushu udara ditempat tujuan, sehingga Anda tidak tersiksa karena kepanasan atau kedinginan.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Keuangan/mendapat.tugas.luar.saat.hamil/001/004/15/1

Selengkapnya...

13 Feb 2011

TIPS KERAMAS UNTUK BAYI KECIL

0 komentar

Jika rambut dan kulit kepala bersih, kerak kepala pun enggan muncul. Untuk ibu baru, tak perlu bingung bagaimana cara mencuci rambut (keramas) bayi yang aman, berikut tip-tipnya.

Sejak hari pertama, bayi sudah dikeramasi, dan dianjurkan dilakukan setiap hari. Tujuannya, agar sel-sel kulit mati dan kotoran tidak menumpuk menjadi kerak di kulit kepalanya. Keramas bisa dilakukan saat memandikan bayi.
Berikut langkah-langkah mengeramasi bayi:
1. Siapkan sampo, washlap, sisir sikat bayi, lotion rambut, dan perlengkapan mandi lain di dekat bak mandi. Anda bisa memandikan bayi dulu sebelum mencuci rambutnya.
2. Bilas kepala bayi dengan air hangat dari arah depan ke belakang. Ambil washlap, tuang sampo bayi di atasnya, dan remas-remas sampai berbusa. Usapkan washlap sambil beri pijatan ringan di kepala bayi.
3. Bilas rambut dan kulit kepala bayi sampai bersih secara perlahan. Arahnya tetap dari depan ke belakang. Usahakan agar air bilasan tidak menetes ke wajah bayi. Walau samponya tidak membuat pedih mata bayi, namun bayi tetap tidak nyaman jika ada air yang masuk ke dalam matanya.
4. Keringkan tubuh dan kepala bayi. Pakaikan baju seperti biasa. Kalau perlu, oleskan lotion rambut agar harum dan lembut, lalu sisir rambutnya.

Gunakan sampo yang memang diformulasi khusus untuk bayi, yakni yang terbukti secara klinis aman dan tidak membuat pedih mata bayi.


Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/tips.bayi.keramas/001/005/141/5/1
Selengkapnya...

12 Feb 2011

TIPS BILA BAYI KEDINGINAN SAAT DI MANDIKAN

0 komentar

Bayi yang baru lahir, sangat perlu perhatian penuh dari orang tua agar kesehatannya selalu terjaga. Salah satu kondisi itu adalah saat bayi Anda tampak menggigil kedinginan saat dimandikan padahal sudah menggunakan air hangat. Berikut tips menanganinya
* Periksa pintu dan jendela, apakah sudah tertutup semua. Bayi yang masih kecil memang sering kedinginan. Sedikit saja ada angin dari jendela atau pintu, bisa membuat tubuh si kecil yang basah jadi menggigil.
* Pastikan ruangan cukup hangat dan suhu air mandi sekitar 38º C. Untuk praktisnya, cek dengan mencelupkan siku ke dalam air.
* Begitu diangkat dari air, segera bungkus si kecil dengan handuk untuk menghangatkannya.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/tips.jika.bayi.kedinginan.saat.dimandikan/001/005/118/4/1

Selengkapnya...

TIPS GILIRAN JAGA MALAM BAYI BARU LAHIR

0 komentar

Bulan-bulan pertama ada bayi, pasangan ayah dan ibu pasti susah tidur. Maklumlah, bayi baru lahir sering terbangun minta minum dan ganti popok. Berikut ini tip agar bisa nyaman tidur:
* Buat persetujuan dengan pasangan untuk bergantian bangun. Misalnya, pukul 01.00, Anda yang bangun. Giliran pukul 03.00, istri yang bangun. Begitu seterusnya
* Temukan posisi menggendong yang paling nyaman bagi bayi agar ia mudah terlelap. Apakah ia senang digendong dengan dadanya melekat di dada Anda?
* Bernyanyi atau bicara pada anak. Suara Anda sangat menenangkan dan merupakan proses bonding antara Anda dan bayi.
* Mandikan anak sebelum waktu tidur malam. Mandi sebelum tidur, menenangkan bayi. Jangan lupa, segera tutup tubuhnya agar tidak kedinginan.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/tips.giliran.jaga.bayi.baru.lahir/001/005/107/4/1

Selengkapnya...

11 Feb 2011

Susu Formula Terkontaminasi

0 komentar

Susu Formula Terkontaminasi Selengkapnya...

10 Feb 2011

Apa yang dimaksud dengan Faktor Rh saat Kehamilan?

0 komentar

SEBAGIAN dari Anda mungkin tidak terlalu mengetahui pentingnya pemeriksaan darah terutama memeriksakan Rhesus (Rh) Anda dan pasangan, baik itu sebelum menikah atau pada saat kehamilan. Rh atau Rhesus, pertama kali ditemukan pada tahun 1940 oleh Landsteiner dan Weiner. Pada faktor Rh, golongan darah ditentukan oleh antigen Rh, jika tes darah Anda dinyatakan tidak memiliki antigen Rh berarti Anda memiliki darah dengan Rh negatif (Rh-), sedangkan jika hasil pemeriksaan menunjukkan Anda memiliki antigen Rh, maka Anda memiliki darah dengan Rh positif (Rh+).

Masalah akan muncul jika Anda memiliki Rh negatif dan pasangan Anda memiliki Rh positif. Kondisi ini biasanya terjadi pada perkawinan antar bangsa. Rhesus positif dominan terhadap rhesus negatif, dan anak hasil dari pasangan yang beda rhesus memiliki kemungkinan 50-100% berhesus positif, dan 0-50% berhesus negatif. Artinya, rhesus anak kemungkinan akan berbeda dengan sang ibu.

Perbedaan rhesus antara sang ibu dengan bayi yang dikandungnya akan menimbulkan masalah, karena tubuh sang ibu akan memproduksi antirhesus yang akan menyerang calon bayi. Rhesus darah janin akan masuk melalui plasenta menuju ke peredaran darah sang ibu. Melalui plasenta ini juga antirhesus yang diproduksi sang ibu akan melakukan serangan balik ke dalam peredaran darah calon bayi, di mana sel-sel darah merah calon bayi akan dihancurkan.

Pada kehamilan pertama, antirhesus mungkin hanya akan menyebabkan bayi terlahir kuning. Hal ini terjadi karena proses pemecahan sel darah merah menghasilkan bilirubin yang menyebabkan warna kuning pada bayi. Tetapi pada kehamilan kedua, jika calon bayi tetap memiliki rhesus positif akan menyebabkan masalah yang fatal.

Di kehamilan kedua, antirhesus sang ibu semakin tinggi sehingga daya rusaknya terhadap sel darah merah bayi pun semakin tinggi. Hal ini dapat menyebabkan janin mengalami keguguran. Kabar baiknya, jika sang ibu telah mengetahui perbedaan rhesus yang terjadi, masalah keguguran bisa dihindari.

Namun bagi Anda seorang ibu yang sedang mengandung tidak perlu khawatir akan hal ini. Saat ini pengobatan modern telah menemukan perawatan untuk masalah ini. Sebuah suntikan yang dinamakan Rhogam pada sebagian banyak kasus diberikan saat sang ibu masih berada di rumah sakit setelah melahirkan bayi pertamanya. Di beberapa kasus, suntikan ini akan diberikan pada awal trimester pertama usia kehamilan, sebelum bayi lahir. Hal ini hanya dilakukan pada ibu yang pernah mengalami keguguran atau aborsi, karena pada kasus ini sang ibu akan menempatkan bayinya dalam bahaya selama kehamilan berlangsung.

Sumber: MelindaHospital.COM
Selengkapnya...

9 Feb 2011

OLAH RAGA AKAN TINGKATKAN KESUBURAN

0 komentar

Kalau ingin segera menimang bayi, jangan malas berolahraga. Para ahli membuktikan bahwa dengan berolahraga rutin selama, paling tidak, dua bulan sebelum konsepsi akan bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Bila selama ini olahraga sudah menjadi bagian gaya hidup Anda, terus lanjutkan. Jika belum, mulai dari sekarang, karena:
* Olahraga membantu tubuh Anda beradaptasi dengan kondisi kehamilan.
* Olahraga mengurangi risiko kenaikan berat badan, sehingga risiko terjadinya komplikasi seperti keguguran, diabetes gestasional (diabetes saat hamil) dan masalah saat persalinan bisa dikurangi.

Olahraga prakonsepsi jenis tertentu, juga bisa meningkatkan kemampuan terjadinya kehamilan. Coba saja lakukan rutin ketiga jenis olaharga ini, aerobik, flexiblity, dan Strengthening bersama suami agar sama-sama memetik manfaatnya.

Sebelum mulai berolahraga:
* Minta saran dokter sebelum mulai berolahraga.
* Atur waktu setiap hari sehingga olahraga ini menjadi kebiasaan, seperti jalna kaki pagi hari bersama suami atau berenang setiap sore.
* Hindari terlalu bersemangat di awal berolahraga. Lakukan dengan snatai, bila Anda cepat lelah atau kram, kurangi intensitasnya. Gangguan kesuburan juga bisa terjadi bila berat badan berkurang secara drastis.
* Jangan abaikan rasa nyeri. Ras anyeri adalah tanda tubuh untuk mengatakan ”berhenti!” Niat Anda untuk hamil, bukan cedera, kan?

Untuk calon ayah:
* Hindari olahraga berlebihan karena bisa mengurangi kulaitas dan kuantitas sperma.
* Jangan menggunakan hormon steroid demi ingin perut six pack. Tunda keinginan ini bila ingin cepat punya anak. Hormon steroid bisa menganggu kesuburan.
* Jangan terlalu lama bersepeda karena akan terjadi penekanan sadel pada daerah kelamin. Penekanan terjadi pada saat posisi kepala Anda agak turun sejajar dengan tubuh, sehingga berat badan bertumpu pada selangkangan. Padahal di daerah selangkangan terdapat banyak saraf dan pembuluh darah yang penting untuk ereksi.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Prakonsepsi/Gizi+dan+Kesehatan/tingkatkan.kesuburan.dengan.olahraga/001/001/1596/1

Selengkapnya...

TIPS MEYUSUI BAYI BILA PUTING IBU DATAR?

0 komentar

Banyak yang ketika hamil dan mempunyai payudara dengan puting datar sudah membayangkan tidak akan bisa menyusui atau pasti bayi akan susah menyusui ataupun berbagai alasan.

Puting Datar / Rata
Seringkali kita mendengar bahwa ibu A tidak sukses memberikan ASI eksklusif pada bayinya karena putingnya rata/data, sehingga bayinya tidak dapat menghisap puting. Lalu ada lagi ibu B yang terpaksa menggunakan ‘penyambung puting’ supaya bisa menyusui bayinya. Tapi alih-alih berhasil, ibu B malah tidak merasa nyaman pada payudara/putingnya.

Lalu, apa sih yang disebut dengan puting datar itu? Dan bagaimana solusi bagi para ibu yang memiliki puting datar/rata/terbenam ini agar dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya?

Sebenarnya apapun bentuk puting yang ibu miliki, bukan menjadi kendala bahwa ibu tidak bisa menyusui bayinya. payudara dengan bentuk puting apapun tetap bisa untuk menyusui bayinya, asal ibu mengetahui dan mau mempelajari teknik-nya.

Menurut jurnal-jurnal kesehatan dan menyusui yang ada, bentuk-bentuk puting yang umum dijumpai pada setiap ibu adalah sebagai berikut:

Lalu, puting disebut datar/rata/terbenam (flat/depressed/inverted nipple) adalah ketika dijumpai putting tersebut tidak keluar seperti rata-rata puting yang dijumpai.

Jadi flat nipple/putting datar/putting rata adalah putting yang hanya keluar sedikit dibandingkan rata-rata putting normal, dan sebenarnya bukan merupakan kendala yang berarti untuk menyusui.

Teknik Menyusui dengan Puting Datar/Rata(Flat/Depressed/Inverted Nipple):
Ketika ibu hamil menyadari, bahwa hanya sebagian kecil dari putingnya yang keluar, tenaga kesehatan menganjurkan untuk menarik-narik atau mencubit-cubit puting tersebut dengan harapan pada saat kelahiran bayinya putingnya sudah mulai timbul dan bayi dapat dengan mudah untuk menyusui. Dan biasanya pada saat trisemester akhir, ibu akan makin sering atau makin giat untuk menarik puting karena banyak yang mulai panik jika puting tidak keluar atau tidak timbul maka tidak akan dapat untuk menyusui dengan benar.

Menurut jurnal-jurnal menyusui yang ada, menarik-narik puting selama kehamilan terutama pada semester akhir dapat memicu kontraksi yang bisa menyebabkan kelahiran sebelum waktunya. Jadi tidaklah disarankan untuk menarik-narik puting pada saat kehamilan karena cukup berisiko pada kehamilan itu sendiri.

Yang perlu di perhatikan untuk payudara dengan puting datar dan terbenam adalah:
* Selama hamil tidak perlu menarik-narik puting, menggunakan tempurung puting (breast shells), terutama pada trimester terakhir karena dapat memicu kontraksi dini (bayi dapat lahir premature).
* Pada awal menyusui bisa sulit, tetapi posisi dan pelekatan yang benar akan sangat membantu. Untuk itu diperlukan bantuan dari konselor/konsultan laktasi untuk membantu ibu dengan teknik posisi dan pelekatan pada saat bayi menyusu.
* Perlu diingat, bahwa bayi menyusu dari payudara (areola/bagian lingkaran hitam pada payudara) BUKAN dari puting.
* Lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan biarkan bayi melekat sendiri pada payudara.
* Hindari penggunaan penyambung puting (nipple shield) pada saat menyusui, karena akan menyakiti puting ibu, serta membuat bayi tidak belajar untuk melekat (latch-on) dengan benar pada payudara.
* Coba beberapa posisi mendekap bayi. Contoh: cross-cradle dan football/clutch
* Menegakkan puting sebelum menyusui / merangsang puting dengan menggunakan pompa payudara tangan, tabung suntik, atau menarik puting keluar akan membantu puting untuk keluar dengan maksimal.
* Membentuk payudara, dengan menopang payudara dari bagian bawah dengan jari-jari, dan menekan bagian atas payudara dengan ibu jari. Tidak memegang payudara terlalu dekat ke putting (C hold, U hold)

Sebenarnya bentuk puting itu tidak menentukan apakah bisa atau tidak untuk menyusui, karena pelekatan yang benar pada proses menyusui adalah bukan menghisap puting tetapi memerah pabrik ASI yang terdapat disekitar areola. Yang harus diingat pada posisi pelekatan yang benar saat menyusui adalah:
* CHIN: pastikan bahwa dagu bayi menempel pada payudara ibu
* AREOLA: pastikan bahwa yang masuk kedalam mulut bayi adalah puting dan sebagian besar areola, bukan puting saja, dan areola yang berada di bagian bawah mulut bayi lebih sedikit dibandingkan dengan areola yang berada diatas mulut bayi
* LIPS: pastikan bahwa baik bibir atas maupun bibir bawah bayi terputar keluar (memble) dan tidak terlipat kedalam ataupun berbentuk monyong
* MOUTH: pastikan bahwa mulut bayi terbuka lebar dan menempelkan pada payudara ibu

Dengan teknik pelekatan mulut bayi yang benar pada payudara, serta kenyamanan yang diperoleh pada saat menyusui, akan memperlancar proses menyusui itu sendiri.

Jika ibu merasa belum menemukan cara/posisi yang pas untuk menyusui bayi ibu, karena memiliki puting rata/datar, segeralah bertemu dengan konselor laktasi untuk meminta bantuan.
Happy Breastfeeding with love!

Sumber: aimi-asi.org
Selengkapnya...

8 Feb 2011

NAFAS BAYI BERSUARA KERAS?

0 komentar

Bunyi grok-grok pada bayi

Menurut dr. Purnamawati S. Pujiarto, Sp.AK, MMPed., sebetulnya ini bukan kondisi yang berbahaya, dan biasanya lebih disebabkan oleh alergi.

Alergi adalah kondisi di mana sistem imun tubuh bereaksi terhadap hal tidak berbahaya (debu, serbuk bunga, atau jenis makanan tertentu). Alergi bisa mengenai berbagai bagian tubuh, seperti saluran napas atas (hidung pilek, bersin), mata (mata merah, berair, dan gatal), dan kulit (eksim, biduran). Jika alergi mengenai saluran napas bawah, terjadi penyempitan saluran napas alias asma. Udara dingin bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan di saluran napas, terlebih jika udaranya kering seperti udara di ruangan ber-AC. Asap tembakau dan polusi juga jadi faktor pencetus. Penanganan utamanya adalah:

Kenali pencetus dan sedapat mungkin hindarilah.

Berikan ASI dan hanya ASI selama 6 bulan pertama. ASI dilanjutkan sampai anak berusia 2 tahun atau lebih. Kalau Anda memberikan susu formula sejak dini, Anda justru memperkenalkan protein asing (protein non manusia) pada anak. Hal ini akan merangsang sistem imun anak sehingga terjadi reaksi alergi.

Bijaklah menggunakan antibiotika. Penelitian membuktikan, pemberian antibiotika sejak usia dini bisa melipatgandakan risiko alergi dan asma ketika anak berusia 6 tahun.

Pantau kondisi anak. Selama anak tidak sesak (frekuensi napas lebih dari 40 kali per menit), jangan cemas. Lebih seringlah Anda memberi minuman, serta biarkan ia menghirup uap panas agar lendir tidak mengental.

Bila perlu, berikan larutan garam fisiologis steril sebagai tetes hidung.

Selain itu, jangan ada yang merokok di dekat si kecil ya...

Sumber:http://www.parenting.co.id/article/article_detail.asp?catid=5&id=237



Selengkapnya...

BAYI SUDAH SEKOLAH

0 komentar

Sebetulnya kelas untuk bayi tidak berarti sekolah formal seperti kakak-kakaknya yang sudah di TK/ SD. Berbagai aktivitas yang dilakukan dalam kelas bayi rata-rata punya tujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus bayi, contohnya untuk berjalan, merangkak, atau berguling. Jangan salah, aktivitas dasar ini sangat penting lho, buat optimalnya pertumbuhan otak kelak, bukan sekedar membuatnya terampil bergerak saja.

Nah, apa saja yang perlu Anda ketahui soal kelas bayi? Ć Waktunya singkat. Ada yang hanya 30 menit, 45 menit, atau maksimal 60 menit. Dalam 1 minggu, biasanya hanya 1-3 kali pertemuan. Itu saja sudah cukup kok, buat bayi. Anda boleh menambah aktivitasnya di rumah.

Ć Bisa diikuti oleh bayi berusia 6 bulan Р1 tahun. Biasanya bayi di atas 6 bulan sudah mulai bisa merangkak, atau setidaknya bisa dirangsang untuk merangkak.

Ć Gerakan yang dilakukan adalah berbagai variasi dari merangkak, berdiri, berguling dan berjalan. Bayi diajari mulai dari menjaga keseimbangan, sampai melakukan berbagai aktivitas tersebut.

Ć Interior kelas biasanya hanyalah beralas karpet tebal dengan berbagai alat berbusa tebal yang ujungnya tumpul, sehingga aman untuk bayi.

Ć Bayi harus menggunakan kaos kaki, tapi melepaskan sepatunya. Ada baiknya, ia juga menggenakan celana yang cukup panjang untuk menjaga agar lututnya tak tergores.

Ć Orangtua diikutsertakan dalam kelas, ikut beraktivitas dengan bayi juga. Untuk itu, orangtua juga harus menggunakan kaos kaki.

Ć Usahakan bayi dalam keadaan cukup kenyang dan cukup tidur agar lebih optimal mengikuti kelas. Sesekali bayi mungkin rewel, tak apa kok. Ini wajar sekali. Jangan jadi marah kepada bayi Anda. Bayi juga belum bisa mengikuti intruksi, jadi jangan khawatir kalau bayi seakan-akan tak mendengar perintah instrukturnya. Andalah yang perlu menerjemahkan perintah itu sebagai gerakan langsung yang dinikmati oleh si kecil.

Sumber:http://www.parenting.co.id/article/article_detail.asp?catid=5&id=270







Selengkapnya...

MEMILIH BOTOL SUSU UNTUK BAYI

0 komentar

Memilih botol susu dan peralatan makan mungkin perkara mudah. Hampir semua toko perlengkapan bayi menyediakannya. Anda tinggal pilih merk dan bentuk yang disukai, serta harga yang sesuai bujet.

Tapi mungkin kini Anda perlu lebih selektif. Seperti dilansir oleh AFP, mulai awal tahun depan, negara-negara di Eropa akan melarang peredaran botol susu dan peralatan makan anak lainnya yang diduga mengandung bahan kimia Bisphenol-A (BPA). Larangan ini dilatari kekhawatiran akan dampak kesehatan yang mungkin ditimbulkannya, seperti obesitas dan pubertas dini. Larangan yang diberlakukan ini lebih ditujukan pada pihak produsen, dan mencakup larangan untuk memproduksi botol susu dan peralatan makan yang mengandung BPA, serta larangan untuk menjual dan mengimpornya. Soal isu BPA ini, Kanada menjadi negara pertama di dunia yang mengklasifikasikan BPA sebagai zat beracun. Kemudian disusul oleh dua negara di Uni Eropa, yaitu Perancis dan Denmark, yang memberlakukan larangan terhadap botol susu ber-BPA. Pihak pemerintah Denmark bahkan melangkah lebih jauh dengan memberlakukan larangan untuk semua peralatan makanan bagi anak-anak di bawah tiga tahun. Bagaimana dengan Indonesia?

Menurut Husna Muzahir dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), di Indonesia belum ada lembaga berwenang yang melakukan uji toksisitas terhadap BPA. Departemen Kesehatan RI sekalipun tidak mengatur secara khusus soal botol susu atau perlengkapan makan untuk anak. “Yang kita miliki adalah SNI (Standar Nasional Indonesia) soal potensi migrasi dari kemasan ke makanan atau minuman. Dalam peraturan itu dijelaskan bahwa untuk meminimalkan potensi migrasi tersebut, makanan atau minuman panas sebaiknya tidak bersentuhan langsung dengan kemasan tertentu, terutama yang terbuat dari plastik. Nah, dari sini sebenarnya kita bisa mensosialisasikan kepada konsumen, bahwa makanan atau minuman panas, misalnya susu, sebaiknya jangan berkontak langsung dengan botol susu berbahan plastik,” jelas Husna.

Merespon isu botol susu ber-BPA ini, kini semakin banyak mama yang berpaling pada botol susu berlabel BPA free. Botol susu yang terbuat dari kaca (meski berat dan dianggap berbahaya jika terjatuh dan pecah), juga mulai dilirik karena dianggap lebih aman. Meski tak banyak lagi produsen yang memproduksi botol jenis ini, Anda masih bisa menemukannya di beberapa toko perlengkapan bayi.

Terlepas dari benar atau tidaknya isu soal BPA pada botol susu, satu hal yang harus Anda perhatikan adalah cara penggunaan botol susu yang benar. Menurut Husna, botol susu berbahan plastik sebaiknya tidak bersentuhan langsung dengan air panas. Begitu juga saat mensterilkan botol. Boleh saja menggunakan sterilizer elektrik yang suhunya tentu sudah disesuaikan dengan ketahanan botol susu. Namun, dengan mencuci bersih menggunakan sabun, mengeringkannya, dan menyimpannya di tempat yang bersih, botol susu sebenarnya sudah bisa dibilang aman untuk digunakan.

Soal isu BPA ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sendiri tidak mengeluarkan larangan soal peredaran produk plastik ber-BPA. Namun lembaga ini menghimbau masyarakat untuk membatasi paparan BPA, misalnya dengan memilih produk plastik yang tidak mengandung BPA dan tidak menaruh cairan panas di dalam botol plastik. Tentu ada cara yang lebih simpel lagi untuk mengurangi papapran BPA: Berikan ASI selama mungkin pada si kecil Anda. Dengan begini, tak perlu memasukkan susu panas ke dalam botol, kan?

Sumber:http://www.parenting.co.id/article/article_detail.asp?catid=5&id=301







Selengkapnya...

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK HAMIL LAGI?

0 komentar

KOMPAS.COM - Kebahagiaan yang meluap saat menimang buah hati yang baru dilahirkan sebaiknya tak lantas membuat orangtua memutuskan untuk segera hamil lagi. Sebaiknya tunda minimal enam bulan, idealnya 11 bulan sebelum mengandung anak berikutnya.

Penelitian menunjukkan, interval kehamilan yang kurang dari enam bulan meningkatkan risiko kematian janin, bayi lahir prematur, atau bayi lahir dengan berat rendah, dibanding dengan perempuan yang menunda kehamilannya 11 bulan pasca melahirkan. "Jarak yang ideal antar kehamilan akan membantu kesehatan ibu dan calon bayi," kata Dr.Sorina Grisaru-Granovsky, direktur meternal-fetal medicine, dari Shaare Zedek Medical Center. Dalam laporan studinya yang dimuat dalam jurnal Contraception, ia merekomendasikan waktu 11 bulan bagi para ibu yang ingin mengandung lagi pasca kelahiran anak pertama.

Menurut para ahli jarak antar kehamilan yang terlalu rapat membuat cadangan nutrisi dalam tubuh ibu menipis, ketidakseimbangan hormon setelah melahirkan dan stres fisik. Hal ini akan memengaruhi kesehatan janin dan ibu hamil.

Dalam tinjauan data yang dilakukan Grisaru dan timnya terhadap 440.838 bayi yang lahir dari ibu yang sebelumnya sudah pernah melahirkan diketahui bahwa risiko bayi lahir prematur meningkat hingga 23 persen pada ibu yang sudah hamil lagi 6 bulan pasca melahirkan. Sementara itu risiko mengalami bayi lahir dengan berat rendah meningkat 15 persen.

Jarak kehamilan yang terlalu dekat juga membuat ibu tidak bisa memberikan ASI secara optimal kepada bayi. Selain itu, memiliki dua anak dalam rentang waktu yang pendek membuat orangtua lebih repot di tahun-tahun awal kehidupan anak. (AN)

(Editor: Anna Sumber : healthdaynews)
Sumber:KOMPAS.COM
Selengkapnya...

7 Feb 2011

TIPS PINTAR MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL

0 komentar

Apakah dokter mengatakan bahwa kadar kolesterol anda tinggi atau sering disebut hiperkolesterolemia? Selanjutnya tentu anda akan memikirkan cara untuk menurunkannya sehingga anda terbebas dari resiko penyakit jantung. Meskipun dokter akan memberikan anda resep obat obatan penurun kolesterol bukan berarti anda lalu mengabaikan masalah makanan dan aktifitas fisik. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Apa sih kolesterol jahat dan baik itu?
Tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu agar dapat berfungsi dengan baik. Ironisnya, kita memasukan begitu banyak lemak jenuh dan kolesterol ke dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi sehari hari. Kondisi ini akan menaikan kadar LDL kolesterol atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Timbunan LDL kolesterol di dalam pembuluh darah akan membentuk plak yang akan menyumbat saluran darah sehingga mengakibatkan terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, HDL kolesterol atau kolesterol baik membantu membersihkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah. Maka dari itu, jika anda ingin menaikan kadar HDL kolesterol dan menurunkan LDL kolesterol, mulailah dari mengatur diet. Mengantur porsi makanan

Suka nambah saat makan? Coba pikirkan kembali sebab banyak diantara kita yang porsi makannya melebihi dari jumlah makanan yang dapat dikatakan sehat. Perilaku ini menuntun anda untuk menambah berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Coba gunakan tangan anda untuk menakar porsi makan anda sehari hari. Gunakan ukuran telapak tangan saat anda memilih daging atau ikan. Gunakan kepalan tangan saat anda ingin mengukur porsi buah yang akan anda makan dan gunakan tangkupan kedua tangan untuk mengukur banyaknya nasi dan sayuran yang akan anda ambil.

Menghidangkan makanan yang bersahabat dengan jantung
Penuhilah piring anda dengan buah buahan dan sayuran minimal 5 kali sehari guna membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalam makanan itu juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan. Dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, akan mengurangi jatah makanan berlemak yang ingin anda makan. Keuntungan lain, anda juga akan menjaga tekanan darah selalu dalam kondisi normal demikian juga halnya dengan berat badan yang akan selalu berada dalam kondisi ideal.

Untuk kesehatan jantung, berpalinglah ke laut
Menu makanan yang sehat buat jantung minimal mengandung ikan pada setiap kali dihidangkan. Mengapa? Karena ikan mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi dan rendah kadar lemak jenuhnya. Asam lemak omega 3 membantu menurunkan kadar lemak jahat di dalam darah dan menghambat pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah.

Jangan lupakan kacang untuk kesehatan jantung
Ingin ngemil? Cobalah ngemil kacang yang sangat bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Kacang sangat tinggi kandungan lemak tak jenuhnya, yang berperanan menurunkan kadar kolesterol jahat dan memelihara kadar kolesterol baik tetap terjaga. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang satu ons setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Lemak tak jenuh melindungi jantung anda
Memang kita harus membatasi konsumsi lemak setiap hari tapi bukan berarti semua jenis lemak kita kurangi. Lemak tak jenuh seperti yang berasal dari minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan sebagainya sangat penting buat menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Sebaliknya lemak jenuh seperti yang bersumber dari palm oil malah meningkatkan kadar LDL kolesterol.

Bergeraklah
Meskipun hanya melakukan aktifitas fisik selama 30 menit, lima hari seminggu, sudah cukup untuk membantu menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Tetapi harus diingat bahwa, makin sering berolah raga maka semakin besar keuntungan yang didapat. Dengan berolah raga anda juga akan dapat menurunkan berat badan dan mencegah kekakuan pembuluh darah.

Sumber:http://www.blogdokter.net/2010/10/28/cara-sederhana-menurunkan-kolesterol/
Selengkapnya...

PERBEDAAN MENDASAR ANTARA ANAK LAKI LAKI DAN ANAK PEREMPUAN

0 komentar

Berdasarkan hasil penelitian para ahli atau yang didapat secara statistik, terdapat beberapa perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Baik dari segi biologis, motorik, kognitif, emosi, perilaku hingga kepribadian.

Perbedaan biologis
* Kromosomnya berbeda (anak laki-laki XY, anak perempuan XX)
* Jenis hormon berbeda (anak laki-laki memiliki hormon testosteron anak perempuan hormon esterogen)
* Struktur alat kelamin berbeda, antara penis dan vagina
* Ada perbedaan tinggi dan berat badan: anak laki-laki akan lebih tinggi dan berat dibanding perempuan, terutama setelah melewati masa pubertas.
* Ada perbedaan usia pubertas: anak perempuan lebih cepat puber dibanding anak laki-laki.
Perbedaan motorik
* Anak laki-laki lebih mengembangkan kemampuan motorik kasar karena pengaruh hormon testosteron, ditambah minat dan dorongan budaya.
* Sebaliknya, anak perempuan lebih ke arah pengembangan motorik halus.
* Jenis gerakan dan level aktivitas lebih tinggi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan, sehingga anak laki-laki terkesan lebih kasar, sedangkan anak perempuan lebih halus.

Perbedaan kognitif
* Jenis kecerdasan berbeda, meskipun secara umum kecerdasan anak laki-laki dan anak perempuan kurang lebih sama.
* Daya ingat jangka panjang anak perempuan lebih baik, sedangkan anak laki-laki lebih baik dalam ingatan jangka pendek.
* Anak perempuan lebih cepat belajar berbicara, kata-katanya lebih bervariasi, struktur kalimatnya lebih teratur. Hal ini disebabkan karena anak perempuan memiliki kebutuhan afeksi lebih tinggi, yang dapat terpenuhi lewat komunikasi.
* Anak laki-laki lebih pintar secara spasial. Mereka lebih cepat ingat rute menuju rumah atau tempat favorit mereka. Mereka juga lebih cepat menangkap perbedaan bentuk dan perbedaan ukuran dari dua benda yang dibandingkan.
* Kecerdasan dan nalar matematika anak laki-laki dan perempuan relatif sama. Namun anak perempuan cenderung mengerjakan soal seperti yang diajarkan guru, sedangkan anak laki-laki lebih inovatif dan kreatif dalam memecahkan masalah matematika. Ini juga disebabkan karena anak laki-laki jarang hafal apa yang diajarkan gurunya, sehingga mencari cara pemecahannya sendiri.

Perbedaan emosi
* Anak perempuan lebih ekspresif menunjukan emosi sedih/kecewa, misalnya dengan menangis.
* Anak laki-laki lebih ekspresif dalam mengungkapkan kemarahan, misalnya dengan membanting barang atau menendang mainannya.
* Cara mengatasi stress berbeda. Perempuan dengan menjalin relasi, laki-laki dengan segera mencari solusi.
* Anak perempuan lebih sensitif terhadap perasaan orang, dibanding anak laki-laki.

Perbedaan perilaku
* Anak perempuan lebih mudah berempati, sehingga lebih mudah mengulurkan bantuan dibanding anak laki-laki.
* Anak laki-laki lebih banyak melakukan permainan fisik, dibanding anak perempuan.
* Dalam pengambilkan risiko, anak laki-laki lebih agresif. Anak laki-laki diuntungkan dengan kemampuannya melakukan permainan fisik ditambah pengaruh hormon testosteron. Tuntutan lingkungan juga mengakibatkan anak laki-laki lebih berani mengambil risiko.
* Anak laki-laki dan anak perempuan kenakalan yang sama, namun anak perempuan lebih mengekspresikannya ke ekspresi verbal, misalnya menjelekkan orang lain, sedangkan anak laki-laki lebih ke perilaku.

Perbedaan kepribadian
* Anak perempuan lebih banyak lahir dengan temperamen easy going atau mudah, sementara anak laki-laki lebih banyak masuk ke kategori difficult atau sulit. Lihat saja waktu menyusui, anak perempuan lebih mudah dipuaskan, sedangkan anak laki-laki lebih rewel.
* Beberapa gangguan psikologis lebih banyak diderita oleh anak laki-laki dibanding anak perempuan, seperti tuna grahita, atau spektrum autisme.
* Kesulitan belajar (learning disabilities) lebih banyak dialami laki-laki, misalnya hambatan membaca (disleksia), hambatan menghitung (diskalkulia ) dan hambatan menulis (disgrafia).

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Balita/Psikologi/perbedaan.antara.lakilaki.dan.perempuan/001/007/970/2
Selengkapnya...

DOKTER TERBAIK UNTUK BAYI ANDA

0 komentar

Bayi langganan ke dokter –untuk vaksinasi, kontrol kesehatan dan pertumbuhan fisiknya, serta penanganan terhadap penyakit yang sering menghampirinya, seperti demam, kulit merah-merah, atau influensa. Memilih dokter yang terbaik untuk Anda dan bayi adalah hukum mutlak.

* Reputasi profesional. Lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui reputasi kandidat dokter anak untuk bayi Anda. Semakin banyak calon dokter, semakin mudah Anda mencari pilihan dokter yang profesional dari segi pendidikan, bagaimana reputasi di kalangan pasien-pasiennya, bagaimana cara ia menyampaikan informasi, dan seterusnya. Gali informasi ini dari jejaring sosial: sesama orangtua, teman atau pihak rumah sakit. 
* Filosofi sama. Dokter anak pilihan Anda haruslah yang memiliki kesamaan konsep atau cara pandang dan berpikir mengenai kesehatan dan pengasuhan anak dengan Anda. Bila Anda berniat memberikan ASI eksklusif, maka carilah dokter spesialis anak yang pro ASI eksklusif. Bila Anda sangat peduli pada pemakaian obat, pilih dokter yang juga kritis pada pemakaian obat-obatan untuk bayi. .
* Informasi terkini. Ilmu baru mengenai dunia kedokteran tidak akan pernah berhenti sampai hari ini saja. Akan selalu ada perkembangan penyakit, penanganan, pengobatan, atau cara membuat anak menjadi sehat yang lebih praktis dan terkini. Tanda bila dokter tersebut selalu updated: ia tidak selalu berada di tempat prakteknya –ada kalanya menghadiri seminar atau pelatihan untuk mencari informasi yang lebih baru.
* Kemampuan Komunikasi. Dokter yang ideal selayaknya selalu membuka sayap komunikasi lebar-lebar kepada orang lain –apalagi dengan pasiennya. Bagimana batasan seorang dokter dikatakan komunikatif?

1. Selalu memberikan informasi secara jujur dan detil tentang kesehatan atau kondisi anak saat itu.
2. Tidak ragu menjawab pertanyaan dari pasien dan menjelaskan kembali bila pasiennya masih belum paham.
3. Memberikan nomor telepon pribadinya dan mau menerima konsultasi melalui telepon.
4. Bersedia dihubungi kapan saja dan di mana saja.
5. Bisa ‘berbahasa’ anak-anak, artinya mengerti, mengenal dan bisa berkomunikasi dengan anak.

* Waktu fleksibel. Memiliki dokter anak yang memiliki aturan istimewa mengenai waktu adalah poin plus untuk Anda. Artinya, beliau bisa menempatkan mana kebutuhan mendesak dan mana kebutuhan bisa ditunda untuk sementara waktu. Ketika anak Anda sakit dan butuh penanganan darurat namun ia membiarkan Anda tetap harus mengantri berjam-jam padahal bayi tampaknya sudah tidak kuat lagi menunggu, bukanlah keputusan yang bijak.
* Senang anak dan disukai anak. Profesinya sebagai dokter anak mewajibkan ia untuk senang dengan dunia anak. Tak hanya cukup mengenal dan mengerti dengan anak saja, namun juga disenangi oleh anak-anak. Tidak jamannya lagi, dokter galak adalah dokter manjur. Bila anak suka pada dokternya, hidup Anda akan dipermudah bila harus membawa anak ke dokter. Jangan salah, bayi juga bisa merasakan mana dokter yang nyaman untuk dirinya dan mana yang tidak. Masih ingat dengan sebutan ‘dokter bertangan dingin’? Sebutan ini dianugerahkan pada dokter yang mampu membuat anak berhenti sakit padahal hanya disentuh dan mampu mencuri senyum anak-anak dalam seketika.
* Lokasi praktek terjangkau. Usahakan letak praktek dokter anak pilihan dekat dengan rumah Anda. Jarak jadi isu penting untuk anak-anak. Bila si kecil memerlukan bantuan ekstra cepat, maka Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke lokasi praktek dokter –belum lagi bila terjebak macet. Lagi pula, kasihan anak Anda bila harus membuang waktu lama di jalan.
* Ruang praktek nyaman. Suasana atau atmosfer tempat praktek dokter disulap menjadi tempat yang nyaman untuk bayi –dengan kertas dinding seru dan lucu, ada mainan anak, atau tertempel foto dan gambar untuk menstimulasi mood ceria si anak. Ruang praktek dokter yang terkesan polos dan ‘dingin’ membuat anak menjadi tegang dan cenderung takut. Apalagi jika ia sudah dihadapkan pada alat-alat kedokteran yang jarang ditemui sebelumnya. Pertimbangakan pula keramahan staf klinik atau tempat praktek.
* Ramah biaya. Bohong kalau urusan biaya tidak dipikirkan! Biaya akan selalu menjadi pertimbangan orangtua untuk mencari dokter anak yang ideal. Catat dan bandingkan biaya konsultasi, periksa dan obat-obatan antara dokter anak satu dengan dokter anak yang lain. Perlu hati-hati, tidak selamanya dokter termahal adalah dokter terbaik. Begitu pula sebaliknya. Manfaat lain dari ‘studi banding’ ini, Anda bisa menyiapakan dana setiap bulan dengan terencana.
* Punya dokter pengganti. Dokter sibuk? Itu sudah pasti. Ada kalanya Anda akan kesulitan untuk bertemu dengan dokter. Dokter yang berkenan memberikan memberikan referensi dokter lain ketika ia sedang tidak praktek atau berhalangan dengan Anda, merupakan dokter yang ideal. Jika perlu, minta nomor telepon dokter yang direferensikan tadi, agar Anda akan lebih mudah untuk membuat janji.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/memilih.dokter.terbaik.untuk.bayi/001/005/856/1
Selengkapnya...

DAUN KATUK UNTUK PERBANYAK ASI ANDA

0 komentar

Daun katuk dengan kandungan laktagagumnya (zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI) telah dipakai secara turun temurun untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Daun katuk dikonsumsi dalam bentuk sayur rebusan atau dilalap. Daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Pada pemberian daun katuk ditemukan peningkatan kadar hormon steroid adrenal. Kadar prolaktin yang tinggi akan meningkatkan, mempercepat dan memperlancar produksi ASI. Daun katuk juga mengandung alkaloid, sterol, flavonoid dan tannin.

Meskipun demikan cara mengolah daun katuk harus benar-benar diperhatikan, agar gizi yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Terlalu matang/lama memasaknya akan menurunkan kualitas daun katuk sebagai pelancar ASI. Berdasarkan penelitian daun katuk kaya akan zat gizi. Disamping itu, daun katuk mengandung sejenis zat yang diduga bekerja sebagai laktagagum. Berikut ini kandungan zat gizi terdapat dalam 100 gram daun katuk segar.

Jenis
Air : 70 gr
Protein : 4,8 gr
Lemak : 1 gr
Karbohidrat : 11 gr
Kalsium : 204 mg
Fosfor : 83 mg
Besi : 2,7 mg
Mineral-minerallain : 2,2 gr
Retinol (VitaminA): 3 mcg
Thiamin (VitaminB1):0,1 mcg
Asam askorbat(Vitamin C) : 200 mg
Asam Folat :7 mg

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kelahiran/Gizi+dan+Kesehatan/daun.katuk.untuk.produksi.asi/001/001/1573/1
Selengkapnya...

HUBUNGI KAMI :

YM :planetbayi@yahoo.com
HP : 087 88 77 88 083
Pin BB : 21CEECC1

YM

Twitter

follow me

Facebook

Pesan dan Kirim

Cara Pemesanan Barang :
1. Silahkan TENTUKAN BARANG yang diinginkan.
2. Kirimkan BB/YM/SMS/EMAIL mengenai KODE BARANG, WARNA, JUMLAH.
3. STATUS KESEDIAN barang akan kami infokan.
4. Bila pesanan telah di konfirmasi, maka silahkan kirimkan NAMA PENERIMA & ALAMAT LENGKAP tujuan pengiriman barang.
5. Pesanan di simpan selama 3 hari kecuali ada pemberitahuan sebelumnya, jika proses pembayaran tidak di di selesaikan, pesanan dianggap BATAL dan harus RE ORDER kembali.
6. Setelah PROSES PEMBAYARAN di selesaikan BARANG akan kami kirimkaN
melalui jasa kurir (JNE).
7. ONGKOS KIRIM ditanggung oleh pembeli dan BARANG akan TIBA antara 1 - 6 hari kerja (tergantung lokasi penerima).

SYARAT DAN KETENTUAN PENGIRIMAN BARANG MELALUI JASA PERUSAHAAN EKSPEDISI

  1. Berat pesanan minimal 1 kg, kurang dari 1 kg dianggap 1 kg.
  2. Penghitungan berat paket kiriman mengacu ke angka yang tertinggi antara berat aktual dengan volume metric. Jika barang pesanan ringan namun volumenya besar, maka tarif dikenakan berdasarkan volume bukan berat.
  3. Pada Umum nya kami menggunakan jasa pengiriman perusahaan ekspedisi JNE Express Across Nations. Tapi bila paket yang di kirimkan cenderung berat dan besar tidak menutup kemungkinan kami menggunakan Jasa POS,Pahala atau Elteha yang mana yang lebih murah.
  4. Tarif biaya pengiriman dapat anda lihat di http://www.JNE.co.id atau tanyakan langsung pada kami
  5. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan paket kiriman selama proses pengiriman barang yang dilakukan oleh perusahaan ekspedisi. Pada prinsipnya kami senantiasa memeriksa ulang kondisi kemasan, jumlah dan isi dari paket kiriman sebelum paket kiriman tersebut diserahkan ke perusahaan ekspedisi.

BERAT ACTUAL VS VOLUME METRIC

Dalam menghitung berat paket kiriman, perusahaan ekspedisi mengambil angka yang tertinggi antara berat aktual dan volume metric. Secara umum, jika bentuk paket kiriman besar tetapi ringan maka berat paket kiriman akan mengacu ke volume metric dan demikian pula sebaliknya.

Rumus Volume Metric
Panjang(cm) X Lebar(cm) X Tinggi(cm) : 6.000 = Jumlah Kg

Total Tayangan

Followers

Something to Read

Loading...
 

Planet Bayi Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal