12 Jun 2012

Bila Ibu Hamil Harus Berganti Dokter Kandungan

Kapan perlu beralih mencari dokter kandungan lain? Cermati beberapa alasan, lalu carilah yang sesuai kebutuhan, kondisi dan harapan Anda sebagai calon ibu.

Karena ingin kondisi kehamilan yang selalu sehat, Anda rajin memeriksakan diri ke dokter kandungan dan berharap memperoleh jawaban memuaskan. Tapi jika harapan ini meleset, mungkin Anda perlu mempertimbangkan ganti dokter kandungan yang lain. Berikut beberapa pertimbangannya
Hilang kepercayaan. Menurut dr. Anne E.Garret, pendiri The Pre-eclampsia Foundation di Washington, AS, selama hamil, yang Anda butuhkan adalah dokter yang profesionald an cermat mengambil tindakan untuk menyelamatkan jiwa Anda serta janin Anda.

"Lampu merah" bila dokter kandungan:

* Tidak mampu mendeteksi kemungkinan terjadinya pre-eklampsia atau masalah kehamilan lain
* Terkesan kurang atau bahkan tidak mengikuti perkembangan metoda serta hasil riset terkini tentang masalah kehamilan yang Anda hadapi.
* Komunikasi tidak nyambung. Dokter kandungan yang "baik"menurut dr. Jill Powel dari Saint Louis University School of Medicine, Missouri (AS) adalah dengan senang hati meluangkan waktu untuk memberi penjelasan yang dibutuhkan pasien.
* Kurang memberi waktu dan kesempatan kepada Anda untuk berbincang, berdiskusi, serta menjelaskan keadaan kandungan Anda berdasarkan hasil pemeriksaanya
* Tidak mengacuhkan, tidak menjawab atau bersikap seolah-olah tidak mendengar pertanyaan yang Anda ajukan kepadanya
* Memaksa. Jika kehamilan Anda sehat dan tidak ada faktor penyulit persalinan, menurut Dr. Stephanie L. Nicholas dari Mogge Women's Hospital, University of Pittsburg Medical Center (AS), Anda sangat boleh memilih jenis persalinan bahkan jenis pembiusan nanti.
* Tidak mendukung proses persalinan alami yang Anda jalani. Atau sangat menyarankan Anda melakukan persalinan caesar tanpa alasan kuat
* Segera mengalihkan topik pembicaraan ketika Anda mengajukan pertanyaan atau keinginan tentang jenis pembiusan saat persalinan serta fasilitas rooming-in yang kebetulan tidak terdapat di rumah sakit tempat dokter tersebut berpraktik.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Gizi+dan+Kesehatan/kehamilan.dan.ganti.dokter.kandungan/001/001/63/3/1
Share |

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template