1 Apr 2011

Kapan Bayi Baru Lahir Boleh Dimandikan?

Bayi yang baru saja dilahirkan, sebaiknya tidak langsung dimandikan. Beri selang waktu dua hingga tiga jam sampai kondisi bayi stabil. Hal ini mencegah terjadinya kondisi hipotermi, yakni turunnya suhu tubuh bayi.

Yang perlu kita ingat, turunnya suhu tubuh bayi beberapa saat setelah lahir bisa mengganggu kerja organ tubUh dan tentu berbuntut masalah lain.

Mandi bisa membersihkan kulit bayi dari kuman-kuman dan kotoran yang melekat, sehingga ia terhindar dari ruam kulit atau biang keringat maupun penyakit kulit lain. 


Berapa kali sehari bayi harus mandi? Tak ada patokan pasti. Ada yang sekali sehari, ada yangdua kali sehari. Namun, yang tak boleh dilupakan adalah kita hidup di negara tropis dengan kondisi udara panas dan lembab. Jadi, memandikan bayi baru lahir sebanyak dua kali sehari, akan membuat si kecil lebih nyaman. Apalagi bayi usia 6 bulan ke atas yang aktif bergerak. Tubuhnya pasti banyak mengeluarkan keringat. 

Biasanya, orang tua memandikan bayinya sebelum minum susu atau makan. Hal ini agar bayi dapat menikmati mandinya tanpa kemungkinan muntah. Walau begitu, jika Anda ingin memandikannya setelah makan, tunggu dahulu sepuluh menit. Demikian pula jika Anda ingin memandikannya setelah minum susu, tunggu sampai si kecil bersendawa. 

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/kapan.waktu.mandi.bayi.baru.lahir/001/001/337/10/1

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template