7 Mei 2011

Serat Cegah Sembelit untuk Ibu Hamil

Wasir atau sembelit memang seringkali menimbulkan gangguan ketika sedanga hamil. Nah, untuk mencegahnya, jangan lupa makan makanan berserat ya, Bunda..

Proses kehamilan yang Anda jalani dapat menyebabkan terjadinya berbagai perubahan pada kerja sistem organ tubuh Anda. Salah satunya adalah sistem pencernaan. Tak jarang perubahan ini menimbulkan keluhan berupa sembelit. Dengan memasukkan serat di dalam daftar menu Anda sehari-hari, keluhan sembelit pun teratasi.

Serat yang mana? Serat makanan sebenarnya tergolong karbohidrat, tapi yang tidak dapat dicerna, sehingga akan dikeluarkan kembali bersama kotoran dan sisa makanan (“sampah”) lainnya. Serat tidak dapat dicerna tubuh karena tidak dapat diuraikan (dihidrolisa) oleh enzim pencernaan. Kondisi inilah yang harus dicarikan solusi bagi ibu hamil.

Namun ada serat yang sifatnya larut di dalam air, seperti kacang-kacangan, apel, buah pir, biji-bijian dan havermut. Sementara serat yang tidak larut dalam air misalnya wortel, roti gandum, beras merah, tomat, pepaya, dan timun.

Serat yang dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil adalah yang bersifat tidak larut dalam air. Serat ini akan membuat “sampah” menjadi lebih padat, karena menyerap air yang terkandung di dalamnya. Volume “sampah” yang menjadi lebih besar akan merangsang otot-otot saluran pengeluaran berkontraksi dan mendorong “sampah” keluar.

Selain serat, memperbanyak konsumsi air juga akan sangat membantu ibu hamil. Jangan lupa, lakukan pula olahraga ringan, seperti jalan kaki. Aktivitas ini merangsang otot-otot rektum (saluran pembuangan sekitar anus) mendorong “sampah” dikeluarkan. Maka, bebaslah Anda dari gangguan sembelit.

Sumber: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Gizi+dan+Kesehatan/serat.pembuang.sampah.untuk.ibu.hamil/001/001/125/5/1

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template