2 Jan 2011

BAGAIMANA BILA BAYI TERSEDAK?

Tanya : Apa yang harus di lakukan bila bayi tersedak? Tersedak, dialami saat bayi tertarik melihat benda-benda kecil berwarna menyolok, kemudian dimasukkan ke mulut maupun lubang hidungnya.
Jawab :
Atasi dengan:
* Mengeluarkan benda yang menyebabkan bayi tersedak. Caranya, telungkupkan tubuh bayi dengan wajah mengarah ke bawah, di atas salah satu tangan Anda. Posisikan kepala bayi lebih rendah dari tubuhnya. Topang kepala bayi dengan cara menahan rahang dengan menggunakan tangan Anda.
* Menghentakkan punggungnya beberapa kali dengan menggunakan tumit dan tangan Anda. Lalu lakukan hentakan di antara kedua tulang belikat bayi sampai benda yang menyumbat keluar. Membawa ke dokter dengan segera bila Anda tidak berhasil mengeluarkan benda penyebab bayi tersedak.
* Menghentikan pemberian ASI sementara waktu apabila penyebab bayi tersedak adalah aliran air susu Anda yang terlalu deras.

Cara mencegah:

* Simpan semua jenis benda berukuran kecil di tempat yang tertutup dan jauh dari jangkauan bayi.
* Memberikan ASI dengan posisi tubuh berbaring miring atau telentang, bila penyebab bayi Anda tersedak adalah aliran ASI. Memerah sedikit ASI Anda untuk mengurangi ASI mengalir ke luar dengan deras, tapi lakukan tidak dalam rentang waktu atau jadual menyusui

Sumber : http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/agar.bayi.tidak.tersedak/001/005/1053/3

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template