8 Jan 2011

BERAT BAYI TURUN! NORMALKAH?


Berat badan bayi turun di minggu pertama itu normal. Di dalam kandungan, tubuh bayi mengandung banyak air. Kelebihan sekian puluh gram ini akan dikeluarkan setelah ia lahir, terutama melalui urine. Namun waspadai jika berat bayi kembali ke berat lahir dalam 2-3 minggu setelah lahir.

Penyebab lain:
* Bila ada masalah menyusui sehingga bayi tidak mendapat ASI dengan lancar dan nyaman. Itu berarti asupan gizi bayi tidak terpenuhi.
* Kelainan sistem organ dalam tubuh bayi, seperti sistem pencernaan, sistem hormonal, sistem imunologi.
* Penyakit kronis, misalnya tuberkolosis.
 

Berapa turunya? BB bayi baru lahir berkisar antara 2.500-4.000 gram. Pada minggu pertama, akan turun rata-rata 7% paling tinggi 10%. Kemudian, pad aminggu kedua akan naik lagi sehingga pad ausia paling lama 14 hari sudah kembali berat lahir. Untuk bayi premature, pencapaian kembali berat lahir akan berlangsung lebih lama, sekitar 3 minggu. Karena, kandungan cairan di dalam tubuhnya lebih banyak dibanding bayi yang lahir cukup bulan. Rata-rata berat badannya bisa turun 10% dan paling banyak 15%.

Apa akibatnya? Tidak ada akibat yang berarti, sebab yang ‘menghilang’ dari tubuh bayi adalah cairan yang dibawa sejak lahir. Bahkan, dengan adanya mengurangan cairan tubuh, adaptasi sistem pernapasan dan kardiovaskular menjadi lebih mudah, kecuali jika turunya melebihi yang dianggap wajar.

Bagaimana mendongkraknya?
* Susui bayi sesering mungkin paling tidak 2 jam sekali dengan posisi dan pelekatan yang benar. Pastikan bayi selesai menyusu pada satu payudara Anda sampai kosong sebelum pindah ke payudara lain. Pijat payudara Anda beberapa menit sebelum menyusui, agar saluran ASI lancar.
* Lakukan kontak fisik sesering mungkin dengan bayi.
* Tidurlah dengan bayi. Kedekatan ini dapat meningkatkan kadar hormone prolakstin dan hormon oksitosin dalam tubuh Anda, serta menambah frekuensi menyusui.
* Pijat bayi karena terbukti meningkatkan kinerja pencernaan dan pertambahan berat badan bayi. Pelajari teknik pijat bayi yang benar. Hindari pemberian asupan gizi selain ASI. Seperti susu formula.

Benarkah bersifat individual? Ya.

Jumlah pertumbuhan badan bayi berbeda-beda, ada yang sedikit, ada yang banyak. Karenanya, Anda tidak perlu membandingkan bayi Anda dengan bayi yang lain. Kurva pertumbuhan yang bisanya digunakan untuk mengukur pertumbuhan bayi adalah kurva Lubchenko. Dengan kurva ini, Anda akan lebih mudah memantau pertumbuhan bayi. Angka-angka tersebut bersifat individual. Yang perlu Anda perhatikan adalah pertambahan atau penurunan berat badan bayi masih dalam kisaran normal.

Apakah indikator bayi sehat hanya dilihat dari BB? Tidak! Dokter anak selalu membandingkan tiga komponene pengukuran antropemetri: berat badan, tinggi atau panjang badan, dan lingkar kepala sebagai tolok ukur kesehatan bayi, apakah proporsional atau tidak. Ukuran-ukuran ini akan dicantumkan dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) sebagai sarana untuk memanatau kesehatan bayi.

Ke dokter jika:
* Berat badan bayi tidak bertambah 15 gram setiap hari setelah usia 2 minggu.
* Berat badan bayi tidak kembali ke berat lahir dalam 2-3 minggu setelah lahir.
* Berat badna bayi tidak bertambah minimal 300 gram pada bulan pertama dan minimal 500 gram sampai usia 6 bulan.
* Apabila angka dalam kurva Lubchenko (berat dan tinggi badan, lingkar kepala) menetap atau menurun dibandingkan angka sebelumnya.
* Tanda-tanda tersebut bisa menjadi gambaran bayi sakit atau mengalami gangguan metabolisme.

Sumber : http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/berat.badan.bayi.turun/001/001/1603/2

0 komentar on "BERAT BAYI TURUN! NORMALKAH?"

HUBUNGI KAMI :

YM :planetbayi@yahoo.com
HP : 087 88 77 88 083
Pin BB : 21CEECC1

YM

Twitter

follow me

Facebook

Pesan dan Kirim

Cara Pemesanan Barang :
1. Silahkan TENTUKAN BARANG yang diinginkan.
2. Kirimkan BB/YM/SMS/EMAIL mengenai KODE BARANG, WARNA, JUMLAH.
3. STATUS KESEDIAN barang akan kami infokan.
4. Bila pesanan telah di konfirmasi, maka silahkan kirimkan NAMA PENERIMA & ALAMAT LENGKAP tujuan pengiriman barang.
5. Pesanan di simpan selama 3 hari kecuali ada pemberitahuan sebelumnya, jika proses pembayaran tidak di di selesaikan, pesanan dianggap BATAL dan harus RE ORDER kembali.
6. Setelah PROSES PEMBAYARAN di selesaikan BARANG akan kami kirimkaN
melalui jasa kurir (JNE).
7. ONGKOS KIRIM ditanggung oleh pembeli dan BARANG akan TIBA antara 1 - 6 hari kerja (tergantung lokasi penerima).

SYARAT DAN KETENTUAN PENGIRIMAN BARANG MELALUI JASA PERUSAHAAN EKSPEDISI

  1. Berat pesanan minimal 1 kg, kurang dari 1 kg dianggap 1 kg.
  2. Penghitungan berat paket kiriman mengacu ke angka yang tertinggi antara berat aktual dengan volume metric. Jika barang pesanan ringan namun volumenya besar, maka tarif dikenakan berdasarkan volume bukan berat.
  3. Pada Umum nya kami menggunakan jasa pengiriman perusahaan ekspedisi JNE Express Across Nations. Tapi bila paket yang di kirimkan cenderung berat dan besar tidak menutup kemungkinan kami menggunakan Jasa POS,Pahala atau Elteha yang mana yang lebih murah.
  4. Tarif biaya pengiriman dapat anda lihat di http://www.JNE.co.id atau tanyakan langsung pada kami
  5. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan paket kiriman selama proses pengiriman barang yang dilakukan oleh perusahaan ekspedisi. Pada prinsipnya kami senantiasa memeriksa ulang kondisi kemasan, jumlah dan isi dari paket kiriman sebelum paket kiriman tersebut diserahkan ke perusahaan ekspedisi.

BERAT ACTUAL VS VOLUME METRIC

Dalam menghitung berat paket kiriman, perusahaan ekspedisi mengambil angka yang tertinggi antara berat aktual dan volume metric. Secara umum, jika bentuk paket kiriman besar tetapi ringan maka berat paket kiriman akan mengacu ke volume metric dan demikian pula sebaliknya.

Rumus Volume Metric
Panjang(cm) X Lebar(cm) X Tinggi(cm) : 6.000 = Jumlah Kg

Total Tayangan

Followers

Something to Read

Loading...
 

Planet Bayi Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal