20 Feb 2011

Bayi lahir dengan Meconium Aspiration Syndrome (MAS)

Bayi lahir dengan Meconium Aspiration Syndrome (MAS) akan mengalami gangguan pernapasan. Perlu tindakan pembersihan saluran pernapasan dan pemberian oksigen secepatnya.

Bayi dengan MAS. Bila begitu lahir bayi mengalami gangguan napas, maka akan dilakukan serangkaian tindakan untuk mengatasi kondisi bayi, diantaranya dengan melakukan pembersihan pada saluran pernapasan dan pemberian oksigen. Pada kondisi yang sangat berat, bayi mungkin perlu alat bantu napas dan pemantauan di dalam NICU. Tak perlu memaksa persalinan normal. Melahirkan secara alami atau normal, memang idaman banyak ibu. Namun, apabila lingkar panggul Anda terlalu kecil sementara ukuran bayi cukup besar, tawaran untuk melahirkan melalui caesar dari dokter kandungan Anda sebaiknya perlu dipertimbangkan. Ini demi keselamatan bayi agar proses persalinan dapat dipastikan berjalan cepat sesuai rencana, dan memperkecil terjadinya persalinan yang lama dan berisiko mengalami komplikasi.

Pada kenyataannya, peralatan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) di sejumlah rumah sakit bersalin di kota-kota besar, belum sepenuhnya mampu menunjang penanganan kasus Meconium Aspiration Syndrome (MAS). Karena itu, bila kehamilan Anda lewat waktu, atau dokter kandungan Anda menyarakan untuk tidak memaksakan diri melahirkan secara alami, melahirkan secara Caesar adalah pilihan bijaksana.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/fakta.bayi.meconium.aspiration.syndrome.mas/001/001/1579/1 

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template