1 Feb 2011

CARA PINTAR MENCEGAH BAYI ALERGI

Alergi tidak hanya menghantui usia anak dan dewasa. Bayi pun bisa mengalami hal ini. Bagaimana cara mengatasinya?

* Beri bayi ASI eksklusif selama 6 bulan.
* Bila Anda memiliki bakat alergi, setelah lewat masa menyusui:
* Beri si kecil susu formula khusus yang bersifat hipoalergenik.
* Beril susu formula yang diperkaya zat besi (Fe) sampai si kecil berumur satu tahun. Zat besi akan membantu memperkuat sistem kekebalan di dalam sel darahnya.
* Mulailah memberi makanan padat pertama setelah si kecil berumur lebih dari 6 bulan.
* Mulailah mengenalkan makanan padat pertama dengan jenis yang sama, selama 7 hari berturut-turut. Kemudian, amati apakah timbul reaksi alergi. Kalau muncul gejala alergi, ulang pemberiannya setelah 6 bulan kemudian.
o Sereal: mulailah dengan mengenalkan nasi. Beri dalam porsi kecil selama seminggu, baru kenalkan berbagai jenis sereal lainnya.
o Sayuran dan buah: mulailah mengenalkan satu jenis sayuran atau buah dalam bentuk rasa asli, tanpa diberi bumbu tambahan. Jangan mengenalkan sayuran dan buah dalam bentuk campuran, untuk menghindari 2 zat alergen bersama-sama “menyerang” sistem kekebalan si kecil yang masih lemah.
o Sumber protein: telur bisa mulai dikenalkan setelah si kecil berumur 2 tahun, kacang-kacangan dan makanan laut (seafood) setelah si kecil berumur 3 tahun.
* Jaga kebersihan lingkungan di dalam dan sekitar rumah. Bersihkan karpet dari debu, dan jangan memelihara hewan peliharaan.
* Upayakan si kecil tidak beraktivitas terlalu banyak hingga kelelahan, sebab akan menurunkan sistem kekebalannya.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/tips.bayi.cegah.alergi/001/005/30/1/2

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template