1 Feb 2011

YUK KITA BELAJAR MEMIJAT BAYI

Memijat bayi mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Memijat bukan asal tekan dan remas otot, beberapa prinsip harus Anda pahami lebih dulu. Termasuk ragam pijat bayi.

1. Pijat Kaki “Penguat Langkah”.
* Pegang kaki bayi, lalu remas dengan lembut bagian telapak dan punggung kakinya. Dengan ibu jari dan telunjuk Anda, putar pelan-pelan jari-jemarinya. Pijat lembut mulai dari pergelangan kaki, tungkai lalu ke paha bayi.
* Pegang kakinya (seperti memegang stik softball). Lakukan gerakan seperti memerah susu dari paha ke arah pergelangan kaki.
2. Pijat Perut “Sehatkan Pencernaan”.
Dengan jari-jemari Anda, buat gerakan lembut melingkar di perut bayi, searah dengan jarum jam, mulai dari sisi kanan bawah, ke arah sisi kiri bawah, lalu ke atas hingga kembali ke posisi semula (arah ini sama dengan arah jalannya makanan dalam sistem pencernaan).
3. Pijat Dada “I Love You”.
Rapatkan kedua telapak tangan Anda di dada bayi, lalu buat gerakan lembut ke arah atas (leher bawah). Setelah itu, pisahkan kedua telapak tangan Anda menuju masing-masing bahunya, untuk kemudian bertemu kembali di bagian tengah dada (gerakan mirip membuat gambar hati sebagai simbol cinta).
4. Pijat Tangan “Kuatkan Otot & Tulang”.
* Rentangkan kedua tangan bayi. Lalu pijat lembut, mulai dari bahu hingga pergelangan tangannya. Pegang salah satu tangan, lakukan lakukan memijat seperti memerah susu, dari lengan atasnya hingga pergelangan tangan.
* Remas telapak tangan, lalu punggung tangan bayi. Dengan ibu jari dan telunjuk Anda, putar pelan-pelan jari jemari tangannya.
5. Pijat Wajah “Relaks & Ceria!”.
* Dengan 2 atau 3 jari Anda, tekan dengan lembut bagian kening, lalu ke pelipis dan pipi bayi. Dengan ibu jari Anda, tekan bagian atas alis bayi.
* Masih dengan ibu jari, buat usapan lembut mulai dari tengah hidung ke arah luar pipi.
* Kemudian, tekan lembut sekitar mulut bayi, juga rahang bawahnya dari arah tengah ke sisi luar.
6. Pijat Punggung “Sehat & Nikmat”.
Telungkupkan bayi. Letakkan kedua telapak tangan Anda di punggungnya, lalu lakukan usapan lembut mulai dari tengkuk hingga bokong si kecil secara bergantian. Kalau bayi telungkup di pangkuan Anda, usapan lembut bisa Anda lakukan dengan satu tangan, sementara tangan lainnya menahan dada bayi.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/tips.variasi.pijat.bayi/001/005/22/1/2

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template