11 Mar 2011

Bisakah Hamil dan Karir Sejalan?

Setiap ibu hamil tidak harus menghentikan geraknya di kantor atau bahkan cuti panjang selama kehamilan. Kehamilan bisa tetap selaras dengan karir, asal Anda tahu kiatnya.

Lakukan persiapan. Agar kehamilan dan karir Anda berjalan lancar, persiapan merupakan kunci menjalani masa kehamilan yang menyenangkan.  
* Ketika berencana ingin hamil, periksa dahulu jadwal pekerjaan Anda. Apakah sedang menangani suatu proyek besar yang membuat Anda harus bekerja lebih keras karena mengejar target, sehingga tidak tepat jika Anda hamil saat ini. Tak hanya memperhatikan ketahanan fisik, stres mungkin saja Anda alami dari pekerjaan yang bisa membuat Anda tidak nyaman.
* Mendiskusikan rencana kehamilan dengan atasan ada baiknya Anda lakukan. Jika mungkin, dinas luar kota tak sebanyak sebelum Anda hamil.
* Jika Anda bekerja dalam tim, selain mendiskusikan dengan atasan juga pada rekan-rekan kerja. Ini semua bukan untuk mendapat dispensasi atau alasan menghindari pekerjaan, namun lebih pada mencari jalan keluar yang tepat sehingga tidak merugikan seluruh anggota tim.

Bila terjadi gangguan. Jika kehamilan tak memungkinkan Anda tetap bekerja karena, ada masalah pada kehamilan yang mengharuskan beristirahat total lebih baik relakan karir Anda untuk sementara waktu. Cuti panjang tak selalu berarti Anda benar-benar melepaskan urusan kantor. Anda bisa merencanakan pengembangan pribadi sambil berisitirahat di rumah. Hal-hal selama ini tak sempat Anda pelajari karena kesibukan kantor, bisa mulai ditekuni. Jangan lupa, rajin-rajinlah meng-up date situasi pekerjaan Anda. Dengan begitu, sekembalinya dari cuti panjang, Anda langsung siap menekuni karir Anda kembali.

Jika terlanjur hamil. Bukan tidak mungkin Anda hamil tanpa diduga. Bila ini yang terjadi, apa yang harus Anda lakukan agar pekerjaan dan kondisi kehamilan Anda baik-baik saja?

* Susun jadwal kegiatan kantor dan aktivitas rutin Anda (Misalnya harus periksa ke dokter hingga jadwal makanan yang Anda konsumsi agar janin Anda sehat).
* Beritahu atasan dan rekan-rekan sekerja bahwa kehamilan takkan membatasi Anda kecuali dalam beberapa hal yang ingin Anda hindari. Diskusikan fleksibilitas yang bisa diberikan pihak kantor selama Anda hamil.
* Bawa benda-benda yang dapat membuat Anda lebih nyaman saat melakukan pekerjaan. Misalnya bangku kecil untuk menahan kaki Anda agar tidak cepat lelah, bantal kecil yang Anda gunakan ketika mencuri waktu tidur sejenak saat jam istirahat.
* Pastikan kehamilan Anda sehat dengan menjalani hidup sehat.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Tips/hamil.dan.karir.sejalan/001/005/810/1

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template