20 Mar 2011

Saat Bayi Hanya Mau Makan Bubur Instan

Tanya: Anak saya (13 bulan), lebih suka bubur instant daripada bubur buatan sendiri yang dilengkapi sayur. Bagaimana dengan nutrisinya dan mengatasinya?


Jawab: Pemberian makanan pendampung ASI, dimulai saat bayi berusia 6 bulan. Awalnya berupa sari buah-buahan, dilanjutkan dengan penambahan bubur susu serta nasi tim saring. Memberi bubur instant yang telah diberi tambahan/diformulasikan dengan vitamin dan mineral pada bayi memang terasa lebih mudah dan praktis ketimbang membuat bubur susu sendiri. Namun perlu Anda ingat, si kecil juga perlu belajar mengenal rasa alami dari bahan makanan segar termasuk aneka jenis sayuran. 


Pengenalan rasa bahan makanan segar pad ausia di bawah setaun ini akan terekam dalam memori anak Dengan demikian, kelak ia dengan mudah menerima aneka jenis makanan, karena ingatan akan rasa makanan itu memang sudah tersimpan. Bila rasa dari bahan makanan segar tidak dikenalkan sejak dini, kemungkinan kelak anak akan sulit menerima berbagai jenis makanan. 

Dari segi bentuk penyajian, bila bayi sudah berusi 8-9 bulan, bentuk nasi tim saring atau bubur tim sudah bisa berubah menjadi lebih kental dengan tekstur lebih kasar, yang disebut nasi tim cincang. Ini mengingat balita sudah mulai tumbuh gigi, sehingga ia punya kesempatan untuk belajar mengunyah.

Memasuki usia 13 bulan, sebenranya balita sudah mulai bis adiberi jenis makan yang sama dengan yang dikonsumsi keluarga, hanya saja tentu bentuknya masih agak lunak, tidak keras dan rsanya tidak pedas. Makanya agar terlambat seandainya sampai usia 13 bulan Anda belum berhasil mengenalkan rasa sayuran pada balita. 

Seandainya di usia ini masih saja hanya mau bubur instant, sebaiknya Anda mencoba menambahkan bahan makanan lain serta sayuran yang dicincang dalam buburnya itu. Tentu saja Anda harus mengenalkannya satu per satu dalam hal ini, jangan sampai hanya karena pengalaman pertama anak menolak lalu Anda berhenti memebrikannya. Coba lagi, dan coba lagi. Nasi lembek beserta sup sayuran atau semur daging giling, bisa jadi contoh pilihan. Dengan demkian kebutuhan nutrisinya tercukupi, berat badannya pun sesuai dengan usianya. Idealnya berat badan bayi di usia setahun sekitar tiga kali berat saat lahir.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tanya+-+Jawab/menyiasati.bayi.lebih.suka.bubur.instan/001/006/719/1

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template