7 Feb 2015

DOKTER TERBAIK UNTUK BAYI ANDA

Bayi langganan ke dokter –untuk vaksinasi, kontrol kesehatan dan pertumbuhan fisiknya, serta penanganan terhadap penyakit yang sering menghampirinya, seperti demam, kulit merah-merah, atau influensa. Memilih dokter yang terbaik untuk Anda dan bayi adalah hukum mutlak.

* Reputasi profesional. Lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui reputasi kandidat dokter anak untuk bayi Anda. Semakin banyak calon dokter, semakin mudah Anda mencari pilihan dokter yang profesional dari segi pendidikan, bagaimana reputasi di kalangan pasien-pasiennya, bagaimana cara ia menyampaikan informasi, dan seterusnya. Gali informasi ini dari jejaring sosial: sesama orangtua, teman atau pihak rumah sakit. 
* Filosofi sama. Dokter anak pilihan Anda haruslah yang memiliki kesamaan konsep atau cara pandang dan berpikir mengenai kesehatan dan pengasuhan anak dengan Anda. Bila Anda berniat memberikan ASI eksklusif, maka carilah dokter spesialis anak yang pro ASI eksklusif. Bila Anda sangat peduli pada pemakaian obat, pilih dokter yang juga kritis pada pemakaian obat-obatan untuk bayi. .
* Informasi terkini. Ilmu baru mengenai dunia kedokteran tidak akan pernah berhenti sampai hari ini saja. Akan selalu ada perkembangan penyakit, penanganan, pengobatan, atau cara membuat anak menjadi sehat yang lebih praktis dan terkini. Tanda bila dokter tersebut selalu updated: ia tidak selalu berada di tempat prakteknya –ada kalanya menghadiri seminar atau pelatihan untuk mencari informasi yang lebih baru.
* Kemampuan Komunikasi. Dokter yang ideal selayaknya selalu membuka sayap komunikasi lebar-lebar kepada orang lain –apalagi dengan pasiennya. Bagimana batasan seorang dokter dikatakan komunikatif?

1. Selalu memberikan informasi secara jujur dan detil tentang kesehatan atau kondisi anak saat itu.
2. Tidak ragu menjawab pertanyaan dari pasien dan menjelaskan kembali bila pasiennya masih belum paham.
3. Memberikan nomor telepon pribadinya dan mau menerima konsultasi melalui telepon.
4. Bersedia dihubungi kapan saja dan di mana saja.
5. Bisa ‘berbahasa’ anak-anak, artinya mengerti, mengenal dan bisa berkomunikasi dengan anak.

* Waktu fleksibel. Memiliki dokter anak yang memiliki aturan istimewa mengenai waktu adalah poin plus untuk Anda. Artinya, beliau bisa menempatkan mana kebutuhan mendesak dan mana kebutuhan bisa ditunda untuk sementara waktu. Ketika anak Anda sakit dan butuh penanganan darurat namun ia membiarkan Anda tetap harus mengantri berjam-jam padahal bayi tampaknya sudah tidak kuat lagi menunggu, bukanlah keputusan yang bijak.
* Senang anak dan disukai anak. Profesinya sebagai dokter anak mewajibkan ia untuk senang dengan dunia anak. Tak hanya cukup mengenal dan mengerti dengan anak saja, namun juga disenangi oleh anak-anak. Tidak jamannya lagi, dokter galak adalah dokter manjur. Bila anak suka pada dokternya, hidup Anda akan dipermudah bila harus membawa anak ke dokter. Jangan salah, bayi juga bisa merasakan mana dokter yang nyaman untuk dirinya dan mana yang tidak. Masih ingat dengan sebutan ‘dokter bertangan dingin’? Sebutan ini dianugerahkan pada dokter yang mampu membuat anak berhenti sakit padahal hanya disentuh dan mampu mencuri senyum anak-anak dalam seketika.
* Lokasi praktek terjangkau. Usahakan letak praktek dokter anak pilihan dekat dengan rumah Anda. Jarak jadi isu penting untuk anak-anak. Bila si kecil memerlukan bantuan ekstra cepat, maka Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke lokasi praktek dokter –belum lagi bila terjebak macet. Lagi pula, kasihan anak Anda bila harus membuang waktu lama di jalan.
* Ruang praktek nyaman. Suasana atau atmosfer tempat praktek dokter disulap menjadi tempat yang nyaman untuk bayi –dengan kertas dinding seru dan lucu, ada mainan anak, atau tertempel foto dan gambar untuk menstimulasi mood ceria si anak. Ruang praktek dokter yang terkesan polos dan ‘dingin’ membuat anak menjadi tegang dan cenderung takut. Apalagi jika ia sudah dihadapkan pada alat-alat kedokteran yang jarang ditemui sebelumnya. Pertimbangakan pula keramahan staf klinik atau tempat praktek.
* Ramah biaya. Bohong kalau urusan biaya tidak dipikirkan! Biaya akan selalu menjadi pertimbangan orangtua untuk mencari dokter anak yang ideal. Catat dan bandingkan biaya konsultasi, periksa dan obat-obatan antara dokter anak satu dengan dokter anak yang lain. Perlu hati-hati, tidak selamanya dokter termahal adalah dokter terbaik. Begitu pula sebaliknya. Manfaat lain dari ‘studi banding’ ini, Anda bisa menyiapakan dana setiap bulan dengan terencana.
* Punya dokter pengganti. Dokter sibuk? Itu sudah pasti. Ada kalanya Anda akan kesulitan untuk bertemu dengan dokter. Dokter yang berkenan memberikan memberikan referensi dokter lain ketika ia sedang tidak praktek atau berhalangan dengan Anda, merupakan dokter yang ideal. Jika perlu, minta nomor telepon dokter yang direferensikan tadi, agar Anda akan lebih mudah untuk membuat janji.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Tips/memilih.dokter.terbaik.untuk.bayi/001/005/856/1

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template