6 Feb 2015

Tips untuk Mengukur Suhu Badan Bayi

Kini tersedia aneka jenis termometer di pasaran yang paling pas untuk mengukur suhu tubuh bayi. Mana yang paling oke?

Suhu tubuh normal manusia adalah 36,5-37,5 derajat C. Jika naik mencapai 38 derajat C atau lebih, barulah disebut demam. Dan sebenarnya, demam adalah tanda tubuh sedang terinfeksi bakteri atau virus.

Kenali jenis-jenisnya. Kalau dulu Anda hanya mengenal termometer konvensional yang terbuat dari kaca dan berisi air raksa, maka kini ada beberapa jenis termometer digital di pasaran. Lalu apa kelebihannya?

Yang pasti, termometer digital dijamin akurat, karena memperlihatkan angka sampai bilangan yang terkecil. Juga, termometer jenis ini praktis dan hasil pengukurannya sangat cepat.
Sayangnya, termometer digital sangat rentan terhadap udara lembap dan air. Belum lagi, harganya lebih mahal ketimbang yang konvensional.

Di mana mengukurnya? Bagian badan bayi yang bisa jadi tempat meletakkan termometer adalah ketiak, mulut dan anus. Namun, akhir-akhir ini, teknologi termometer kian canggih, sehingga termometer bisa juga ditaruh di telinga dan dahi.

Hanya saja, termometer kaca sama sekali tidak dianjurkan untuk ditaruh dalam mulut bayi. Kenapa? Kalau pecah maka air raksa akan meracuni bayi.

Bagaimana termometer dimasukkan lewat anus? Sebenarnya, tidak jadi soal. Tapi, Andalah yang justru sering tidak tega melakukannya. Anda takut kan kalau-kalau memasukkannya terlalu dalam, sehingga malah mencederai bayi Anda. Makanya, mengukur suhu tubuh melalui anus sebaiknya dilakukan oleh petugas kesehatan saja.

Ukur secara Berkala

* Jika bayi demam, pantau kondisinya dengan cara mengukur suhu tubuhnya secara berkala. Kira-kira setiap 4-6 jam.
* Segera bawa ke dokter, bila suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 40 derajat C.
* Bila suhu tubuh bayi masih berkisar antara 38-39 derajat C, tunggu sampai 3 hari. Jika suhu tubuhnya tidak turun-turun juga, cepat bawa ke dokter

Ini Penting Juga!

* Agar hasil pengukuran termometer akurat, tunggu sampai bayi Anda pulas dulu. Maklum, bayi biasanya merasa geli kalau ketiak atau telinganya dimasukkan benda asing!
* Termometer khusus dahi belum banyak dijual di pasaran. Meski begitu, cara pemakaiannya mirip dengan termometer digital khusus telinga. Cuma, setelah menekan tombol pada body termomer, gerakkan termometer dari kiri ke kanan. Begitu pula sebaliknya.

Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/kiat.mengukur.suhu.tubuh.bayi/001/001/917/30/1
Share |

0 komentar:

 
Planet Bayi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template